Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kota Depok Optimistis Juarai Lomba Pemanfaatan Pekarangan Tingkat Provinsi

JD09 - berita depok
Rabu, 31 Mei 2023, 19:26 WIB
Tim Recheking Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Keluarga Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023 bersama DKP3 Depok, TP-PKK Kecamatan Sawangan dan Kelurahan Pasir Putih memanen produk pangan di RW 10 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Rabu (31/05/23). (Foto : JD04/Diskominfo).

berita.depok.go.id - RW 10 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, hari ini menjalani rechecking Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Keluarga Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023. Dengan berbagai persiapan yang dilakukan, pihaknya optimistis mampu meraih juara pada lomba ini.

"Kami telah mempersiapkan lomba ini selama tiga bulan, mulai dari bulan Maret yang lalu dengan dipandu oleh provinsi. Dengan pembinaan dan persiapan yang dilakukan, kami optimis Kota Depok bisa meraih juara pada lomba kali ini," tutur Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Depok, Widyati Riyandani kepada berita.depok.go.id usai rechecking, Rabu (31/05/23).

Dikatakannya, rechecking kali ini meliputi administrasi dan kunjungan lapangan. Selain itu, juga ada penilaian terkait pemberdayaan pekararangan di RW 10 dan penilaian kelompok kegiatan (poktan) di bawah binaan PKK dan DKP3 Depok.

"Kalau di PKK ada Kelompok Wanita Tani (KWT) itu juga menjadi binaan DKP3 Depok," katanya.

Widyati menjelaskan, untuk penilaian kegiatan pemberdayaan Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Keluarga meliputi kelengkapan jenis produk pangan, tidak hanya karbohidrat tetapi juga pemenuhan protein dan juga sayuran (vitamin). Hal itu berdasarkan pemenuhan kebutuhan pangan sesuai B2SA atau Beragam Bergizi, Seimbang dan Aman.

"Karbohidratnya ada jagung, kedelai untuk proteinnya, lalu budidaya ikan dalam ember (Budikdamber). Kemudian, sayuran ada pakcoy, sawi, tomat, cabe dan lain-lainnya," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua TP-PKK Kecamatan Sawangan, Nyai Nurasiah. Menurutnya, dari persiapan yang dilakukan, ditambah semangat warga RW 10, PKK dan DKP3 yang saling membantu, pihaknya optimistis bisa meraih juara.

"InsyaAllah kita optimis bisa mewakili Kota Depok meraih hasil terbaik di lomba tingkat provinsi ini," tutup Nyai. (JD 09/ED 01/EUD 04)