Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kota Depok Bakal Miliki Retana untuk Tanggap Bencana

Jumat, 21 Februari 2020, 15:08 WIB

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan akan membentuk Relawan Tangguh Bencana (Retana). Keberadaan relawan ini untuk membantu optimalisasi pencegahan dan penanganan bencana.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, setelah ada bidang penanggulangan bencana di dinasnya semakin banyak yang harus dilakukan. Salah satunya dengan memberdayakan masyarakat agar lebih sigap, dan siap dalam menghadapi bencana.

"Relawan kebencananan ini penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan warga menghadapi bencana," kata Gandara kepada berita.depok.go.id usai Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok di Gedung Sasono Mulyo, Kalimulya, Cilodong, belum lama ini.

Dikatannya, relawan ini nantinya akan melakukan upaya mitigasi dalam hal peningkatan kemampuan warga menghadapi bencana. Selain itu, keberadaannya untuk membantu optimalisasi upaya pencegahan dan penanganan bencana di lapangan.

“Yang kami lakukan pertama dengan adanya Retana akan diberi pemahaman yang berkaitan dengan tugas-tugas penanggulangan bencana,” jelasnya 

Dia menambahkan, Retana ini akan diperluas dengan pembentukan Keluarga Tangguh Bencana hingga Kelurahan Tangguh Bencana (Katana). Tugasnya akan lebih penting lagi seperti mengidentifikasi potensi bencana dan mensosialisasi kesiapsiagaan menghadapi bencana di tengah masyarakat.

“Semua akan kami lakukan bertahap. Karena ini juga bidang baru, maka dibutuhkan dukungan masyarakat. Dengan begitu, bisa lebih siaga dalam menghadapi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu,” tandasnya. (JD 06/ED02/EUD 02)