Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Ketua PMI Depok Bagikan Tips Donor Darah Saat Ramadan

JD 08 - berita depok
Selasa, 19 Maret 2024, 16:48 WIB
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Mi'raz. (Foto:Diskominfo)

berita.depok.go.id - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Mi'raz memberikan tips kepada masyarakat yang ingin mendonorkan darah saat Ramadan.

Dia menyebut, terdapat waktu tertentu yang dianjurkan agar para pendonor tetap sehat dan bugar meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa.

“Idealnya kalau ingin mendonorkan darah selama bulan Ramadan bisa di pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut, agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat,” ujarnya, kepada berita.depok.go.id, Selasa (19/03/24).

Dudi, panggilan akrabnya, menyebut, masyarakat bisa meningkatkan kesadaran untuk membantu sesama dengan mendonorkan darah ke PMI Kota Depok. Terlebih saat bulan Ramadan.

“Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa yang menyebutkan donor darah tidak membatalkan puasa. Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya sumbang darah," terangnya.

Untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darah, lanjut Dudi, bisa mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC). Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa, yaitu pukul 08.00 - 20.30 WIB.

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke Markas PMI Kota Depok," katanya.

"Maka besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darah untuk menjaga ketersediaan, minimal sampai lebaran,” pungkasnya. (JD 08/ED 02)