Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kelola Penyakit Kronis, Puskesmas Abadijaya Adakan Sejumlah Kegiatan Bagi Lansia

JD 02 - berita depok
Rabu, 24 April 2024, 19:38 WIB
Pemeriksaan kesehatan kepada lansia pada kegiatan prolanis di Puskesmas Abadijaya. (Foto: Dokumentasi Puskesmas Abadijaya)

berita.depok.go.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Abadijaya melakukan berbagai kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) kepada lansia di wilayah Kelurahan Abadijaya dan Kelurahan Cisalak. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Abadijaya tersebut berupa senam bersama, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan bagi lansia.

Penanggung Jawab Program Prolanis Puskesmas Abadijaya, Adjeng Verawati mengatakan, program tersebut dilakukan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis dapat mencapai kualitas hidup yang optimal. 

Tentunya dengan pemeriksaan yang spesifik terhadap penyakit diabetes melitus (DM) dan hipertensi yang baik untuk dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

“Program prolanis ini rutin kami lakukan untuk para lansia agar mereka dapat mengetahui indikator kesehatannya untuk dapat beraktivitas secara optimal,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (24/04/24).

Adjeng menambahkan, kegiatan prolanis dimulai dengan senam bersama. Senam dilakukan untuk meningkatkan status kebugaran para lansia.

Selanjutnya, lansia diberikan penyuluhan kesehatan agar dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit dan menjaga pola makan untuk kesehatannya.

“Kemudian dilakukan pemeriksaan gula darah sewaktu dan tekanan darah untuk mengetahui indikator kesehatan lansia,” tandasnya. (JD02/ED01)