Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kampung Caraka RW 05 Ratujaya Jalani Verifikasi Penilaian Proklim Utama 2024

JD 05 - berita depok
Rabu, 3 Juli 2024, 14:43 WIB
Foto: JD 05/Diskominfo. Ketua Tim Verifikasi Lapangan KLHK dari BPPI Jawa Bali Nusa Tenggara, Pujo Nur Cahyo memberikan sambutan pada acara verifikasi lapangan Proklim Utama di RW 05 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Rabu (03/07/24).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menerima kunjungan tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) untuk penilaian Program Kampung Iklim (Proklim) Utama tahun 2024 di Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung.

Rombongan tim yang diketuai oleh Balai Pengendalian Perubahan Iklim (BPPI) Jawa, Bali, Nusa Tenggara melakukan penilaian verifikasi lapangan di Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka) RW 05, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Rabu (03/07/24).

Ketua Rombongan Tim KLHK, Pujo Nur Cahyo menjelaskan, pihaknya mengecek kesesuaian data dan informasi yang tercatat pada Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI) dan Spectrum, dengan kondisi sebenarnya pada kampung iklim.

"Proklim RW 05 Ratujaya masuk dalam nominasi Proklim Utama 2024 bersama dengan beberapa RW lainnya di Depok," jelasnya kepada berita.depok.go.id, usai acara tersebut.

Pujo menerangkan, pihaknya memverifikasi aksi adaptasi, mitigasi dan kelembagaan masyarakat RW 05 Ratujaya dalam upaya meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca.

Lanjut dia, untuk aksi adaptasi terkait upaya konservasi tanah dan air, ketahanan pangan, pengendalian hama dan penyakit dan lainnya. Aksi mitigasi terkait pengelolaan sampah, pengomposan, penggunaan energi baru terbarukan, dan lainnya.

"Untuk kelembagaan masyarakat disini ada Komunitas Wanita Tani (KWT), posyandu, dan lain-lain itu akan kami cek sesuai tidak dengan usulan yang dikirim melalui administrasi," paparnya.

Pujo mengatakan, usia verifikasi ini pihaknya akan berdiskusi menentukan nilai untuk RW 05 Ratujaya berhak mendapatkan predikat Utama di tahun ini.

"Kami berharap ini tidak hanya sekadar apresiasi, tapi bagaimana ke depannya pengelolaan lingkungan di masyarakat tetap terjaga untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak perubahan iklim," pungkasnya. (JD 05/ED 02)