Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Jelang Iduladha, Bang Imam Berikan Tips Cara Memilih Hewan Kurban

JD09 - berita depok
Sabtu, 15 Juni 2024, 19:57 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau IBH melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke salah satu lapak pegadang hewan kurban di Kecamatan Tapos, Sabtu (15/06/24). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau IBH membagikan cara memilih hewan kurban yang layak dan sesuai syar'i.

Tips tersebut disampaikannya, usai inspeksi mendadak (sidak) ke lapak hewan kurban di Kecamatan Tapos menjelang hari raya Iduladha 1445 Hijriah.

Bang Imam, sapaan Wakil Wali Kota Depok, mengatakan, pertama yang harus dilihat ialah fisik hewan kurban. Sebab, fisik hewan yang mau dikurbankan sebaiknya sempurna.

"Fisiknya sehat dan tidak ada cacat. Liat mukanya, hidungnya dan matanya ada penyakit atau tidak," ungkap Bang Imam kepada berita.depok.go.id, Sabtu (15/06/24).

Lalu, yang dilihat selanjutnya ialah usianya, yang dapat dilihat dari giginya. Dua gigi susu depan hewan kurban harus sudah tanggal (kupak/ poel).

"Dijamin kalau pedangang hewan kurban pasti ngerti giginya harus kupak sebagai syarat syar'i itu yang dijual," katanya.

Terakhir ialah hewan yang dikurbankan harus berkelamin jantan. Sebab, hewan yang berkelamin betina untuk menjaga keberlangsungan perkembangbiakannya.

"InsyAllah semua hewan kurban yang ada di Kota Depok semuanya aman, karena hewan yang masuk ke Kota Depok semuanya diperiksa," pungkas Bang Imam. (JD 09/ED 02)