Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Jadi Narasumber Ngopi Bareng Genbest, Kadinkes Sampaikan Kebijakan Percepatan Penurunan Stunting di Depok

JD 02 - berita depok
Selasa, 23 April 2024, 14:05 WIB
Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati (kanan) saat menjadi narasumber pada acara Ngopi Bareng Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) Cegah Stunting Itu Penting di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Selasa (23/04/24). (Foto: JD 02/Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Depok, Mary Liziawati berkesempatan menjadi narasumber pada acara Ngopi Bareng Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) Cegah Stunting Itu Penting. 

Kegiatan yang dimotori Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia tersebut diselenggarakan di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Selasa (23/04/24). 

Dalam kesempatan tersebut, Mary memaparkan terkait kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam percepatan penurunan stunting di Kota Depok. 

“Kami terus melakukan upaya dengan menjalankan sejumlah program. Mulai dari skrining anemia pada remaja putri, pemberian tablet tambah darah, pemeriksaan calon pengantin, hingga pemeriksaan rutin bagi ibu hamil,” tuturnya, kepada berita.depok.go.id

Dikatakannya, pencegahan stunting perlu dilakukan mulai dari kalangan remaja putri. Pasalnya, salah satu faktor penyebab stunting yaitu anemia yang kerap dialami para remaja putri.

Mary menambahkan, upaya untuk mencegah anemia yakni dengan pemberian tablet tambah darah. Pihaknya rutin memberikan tablet tambah darah kepada remaja putri dengan mendatangi sekolah-sekolah.

Lebih lanjut, mary mengungkapkan, pencegahan stunting juga harus dilakukan oleh laki-laki. Yaitu dengan tidak merokok.

“Merokok ini juga menjadi salah satu penyebab stunting, sehingga perlu dilakukan pencegahannya,” jelasnya.

Lebih jauh, Mary menyebutkan, peran seluruh komponen dibutuhkan dalam pencegahan stunting. Tentunya dimulai dari lingkungan tempat tinggal untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi gizi yang seimbang.

“Sehingga harapannya dapat bersama menurunkan angka stunting untuk mewujudkan generasi yang sehat untuk masa depan bangsa,” tandasnya. (JD 02/ ED 01).