Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Ini Rangkaian Kegiatan HPSN di Depok

JD 08 - berita depok
Rabu, 19 Februari 2020, 11:42 WIB

Wali Kota Depok Mohammad Idris memberikan alat kebersihan kepada salah satu tokoh masyarakat, pada kegiatan HPSN 2018 di Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis.  (Foto: Ilustrasi/Diskominfo)

berita.depok.go.id- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok berencana mengadakan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah puncak HPSN yang akan diselenggarakan di Alun-alun Kota Depok tanggal 21 Februari mendatang.

 “Acara rencananya dilaksanakan di alun-alun dengan mengundang beberapa unsur terkait. Seperti retail modern, pelajar, penggiat lingkungan, kader bank sampah dan lain-lain,” ujar Kepala Seksi Pengurangn Sampah dan Kemitraan Lingkungan DLHK Kota Depok Rollianjah Dalius, di ruang kerjanya, Rabu (19/02/20).

Dirinya menyebutkan, adapun beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain penyerahan dropbox limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) untuk sampah rumah tangga, edukasi pemilahan sampah bagi sekolah Adiwiyata dari provinsi Jawa Barat (Jabar), serta deklarasi pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai.

“Untuk penyerahan dropbox limbah B3, nanti ditempatkan di seluruh retail modern. Sedangkan deklarasi pelarangan kantong plastik sekali pakai, baru berupa surat edaran. Ke depan, kami akan menggodok surat keputusannya, karena aturannya kita perketat,” tambahnya.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga akan membagikan sebanyak 1.000 tumbler gratis untuk pelajar. Hal ini guna memberikan edukasi penggunaan tempat air minum berulang sehingga mengurangi penggunaan wadah sekali pakai.

“Pelarangan penggunaan kantong plastik atau wadah sekali pakai, pelan-pelan sudah kita lakukan, melalui beberapa aksi nyata. Namun memang masih bertahap.  Kami harapkan hal ini bisa dilakukan seluruh masyarakat, untuk mengurangi sampah,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD 02)