Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Hujan dan Angin Kencang, Ini Pesan Kepala DLHK Depok

Jumat, 8 November 2019, 19:14 WIB
Kesra

Petugas DLHK Kota Depok memasang rambu pohon rawan tumbang di Jalan Bahagia Raya, Sukmajaya Depok, beberapa waktu lalu. (Ilustrasi)

depok.go.id-Hujan disertai angin kencang yang melanda hampir seluruh Kota Depok akhir-akhir ini, jadi perhatian khusus Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati. Untuk menghindari pohon tumbang dan bencana alam lainnya, Ety mengimbau masyarakat waspada dan tidak berteduh di bawah pohon saat cuaca hujan.

“Pertama antisipasinya, jangan berdiri maupun berteduh di bawah pohon. Karena semua pohon, kalau anginnya kencang, maka rawan tumbang. Walaupun pohon terlihat kuat dan sehat,” ujarnya, di Balai Kota, Jumat (08/11/2019).

Diakuinya, jika terjadi angin kencang, tidak hanya pohon yang berpotensi tumbang. Tetapi, juga papan reklame, asbes, rambu lalu lintas maupun baliho.

“Jadi, baiknya jika keadaan cuaca mulai membahayakan, disarankan untuk menepi dan berteduh di tempat yang aman. Perhatikan juga segala benda yang kemungkinan terbang karena terbawa angin, seperti seng, dahan pohon, potongan kayu dan lain-lain. Ini juga bisa menimbulkan bahaya,” katanya.

Ety menyebut, pihaknya tidak bisa memprediksi cuaca. Namun, dirinya hanya bisa berpesan kepada pengendara maupun pengguna jalan lainnya untuk tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan, jika hujan dan angin kencang masih terus berlangsung.

“Kami tidak bisa prediksi cuaca dan pohon rawan tumbang. Pohon yang teridentifikasi sehat, bisa saja roboh akibat angin kencang. Kami juga sudah memberikan rambu terhadap sejumlah pohon rawan tumbang di beberapa wilayah. Diharapkan masyarakat peduli dan memperhatikan hal-hal tersebut,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih
Diskominfo