Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Hari Gerakan Sejuta Pohon, Warga Depok Diimbau Lestarikan Lingkungan

JD 08 - berita depok
Senin, 11 Januari 2021, 14:17 WIB

Lurah Pondok Jaya Mulyadi bersama Kelompok Ecovillage melakukan penanaman bibit alpukat di wilayah RT 10 RW 03, belum lama ini. (Istimewa). 

berita.depok.go.id- Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Ety Suryahati mengimbau masyarakat untuk melestarikan lingkungan dengan aktif melakukan penanaman pohon. Imbaun ini disampaikan bertepatan dengan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Januari.

“Akhir-akhir ini banyak warga yang  mengajukan permohonan penebangan pohon, karena takut angin. Padahal pohon punya andil dalam pertumbuhan manusia yaitu sebagai penyedia oksigen dan mengurangi kandungan karbondioksida (CO2) dalam air,” ujarnya, Senin (11/01/21).

Dikatakannya, banyaknya permintaan penebangan pohon dari warga, membuat DLHK Kota Depok mewajibkan masyarakat untuk mengganti pohon yang ditebang dengan menanam bibit kembali.

“Penebangan pohon masih kita pertimbangkan. Jika masih bisa dipangkas, maka kami rampingan saja,” ucapnya.

Ety juga mengingatkan masyarakat untuk menyayangi pohon dengan cara tidak memaku. Sebab, imbuhnya,  bisa mengakibatkan pohon rapuh dan rawan tumbang.

“Pohon jangan dipaku untuk iklan atau informasi apapun karena itu bisa menyakiti dan membuat pohon mudah rapuh,” tutupnya (JD 08/ED 01/EUD02)