Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Hari Bumi Sedunia, GAPMMI Komitmen Kurangi Sampah Plastik

JD09 - berita depok
Senin, 22 April 2024, 20:15 WIB
Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman (paling kiri) ikut mengkampanyekan Gerakan Sedekah Sampah Plastik pada Peringatan Hari Bumi Sedunia di Balai Rakyat Beji, Senin (22/04/24). (Foto : JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Guna memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada 22 April ini, sejumlah komunitas menunjukkan komitmennya dalam memperbaiki perubahan iklim yang disebabkan oleh sampah. Di antaranya, Plastic Chevy Queen dan Lestari Fondation yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mengampanyekan pengurangan sampah plastik.

Selain mengampanyekan pengurangan sampah plastik, kegiatan tersebut juga diisi dengan talkshow yang menghadirkan perwakilan pengusaha yang memiliki komitmen dalam penyelamatan bumi sebagai narasumber. Yaitu, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman.

Adhi S. Lukman menyatakan, GAPMMI sebagai asosiasi pengusaha memiliki komitmen dalam pengurangan dan pengolahan sampah. GAPMMI selalu mendorong anggotanya untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan kampanye pengurangan dan pengolahan sampah.

"Kami selalu mendorong anggota GAPMMI, bukan hanya di sini, tetapi juga dibanyak tempat. Ada di Gerakan Ciliwung Bersih dan tempat lainnya," tuturnya kepada berita.depok.go.id, di sela-sela kegiatan, Senin (22/04/24).

Selain itu, GAPMMI juga memiliki kerja sama dengan industri pengolahan sampah dalam program 3 R atau Reduce, Reuse, dan Recycle, khususnya untuk sampah-sampah plastik. Selain itu, pihaknya juga memberdayakan bank-bank sampah yang ada.

"Sampah plastik yang sudah dipilah kita gunakan ulang atau dibuat menjadi produk lain yang bermanfaat," tutupnya. (JD09/ED02)