Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Hadiri HUT ke-9 Geraja HKI Juanda, Sekda Depok: Silaturahmi Sambung Kebersamaan

JD 05 - berita depok
Minggu, 5 Mei 2024, 20:00 WIB
Sekda Kota Depok, Supian Suri (tengah baju cokelat) bersama seluruh jemaat Gereja HKI Juanda saat perayaan HUT ke-9 Gereja tersebut, di Jalan Perjuangan Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Minggu (05/05/24). (Foto: JD 05/Diskominfo.)

berita.depok.go.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) Juanda sekaligus bersilaturahmi dengan para jemaat gereja yang berlokasi di Jalan Perjuangan, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Minggu (05/05/24).

"Silaturahmi ini menyambung kebersamaan dengan HKI Juanda yang telah membangun Jemaatnya disini selama 9 tahun," ujarnya kepada berita.depok.go.id, usai acara tersebut.

Pada kesempatan itu, jemaat HKI Juanda menyampaikan kekhawatirannya kepada Bang SS sapaan akrab Sekda Kota Depok, perihal keberadaan gedung Gereja yang terancam digusur. 

Kekhawatiran tersebut muncul lantaran Gedung Gereja HKI Juanda berada di atas lahan milik Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Terkait hal itu, Bang SS menjelaskan bahwa lahan UIII berada langsung dibawah pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama.

Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan berupaya membantu mengkomunikasikan masalah tersebut.

"Mudah-mudahan pemerintah pusat bisa akomodir, karena prinsipnya Depok ini punya latar belakang agama, seharusnya punya ruang yang sama (untuk beribadah)," jelas Bang SS.

Di tempat yang sama, Penatua Gereja HKI Juanda, Thoman Hutasoit menuturkan, HKI Juanda sudah berdiri sejak tahun 2015. 

"Gereja HKI ini tersebar di seluruh Indonesia dan sudah berusia 97 tahun, untuk di HKI Juanda usianya 9 tahun. Kami berharap pemerintah tetap memberikan fasilitas untuk kami beribadah," pungkasnya. (JD 05/ ED 01).