Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

DKP3 Depok Berikan Bantuan Paket Daging dan Telur Ayam Bagi Ratusan Bumil serta Bufas KEK

JD 03 - berita depok
Selasa, 5 Desember 2023, 17:44 WIB
Lists
Kepala DKP3 Depok, Widyati Riyandani (tengah) saat memantau langsung pemberian paket Bantuan Bahan Pangan Segar kepada Ibu Hamil dan Nifas Kekurangan Energi Kronis (Bumil dan Bufas KEK), beberapa waktu lalu. (Foto : DKP3 Kota Depok)

berita.depok.go.id - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok memberikan Bantuan Bahan Pangan Segar kepada 925 Ibu Hamil dan Ibu Nifas Kekurangan Energi Kronis (Bumil dan Bufas KEK). Bantuan tersebut berupa daging dan telur ayam sebanyak dua paket. 

Kepala DKP3 Depok, Widyati Riyandani mengatakan bantuan ini diperuntukkan bagi keluarga berisiko stunting sebagai upaya percepatan penurunan stunting di Kota Depok. Sasaran penerima manfaat Bantuan Bahan Pangan Segar yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) ini adalah bumil dan bufas KEK yang melakukan pemeriksaan di puskesmas berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. 

"Sejak 1 Desember 2023 sudah di distribusikan, setiap paket yang kami berikan terdiri dari 2 ekor daging ayam dan 3 pak telur ayam berisi 10 butir yang akan didistribusikan melalui 2 tahap penyaluran dengan titik bagi di kantor kelurahan," katanya kepada berita.depok.go.id, Selasa (05/12/23).

Dirinya mengungkapkan, pemberian paket telur ayam sebanyak 30 butir ini sesuai dengan rekomendasi bahwa ibu hamil dapat mengkonsumsi sebanyak 2 butir telur ayam per hari. Pemberian telur ayam ini diharapkan dapat mendorong para ibu hamil agar bisa secara rutin mengkonsumsi protein hewani. 

"Salah satunya adalah telur ayam sehingga diharapkan terdapat peningkatan status gizi ibu hamil," ujarnya. 

"Tahap pertama selesai pada Senin 4 Desember 2023. Tahap kedua rencananya akan diberikan pada 7,8, 11,12 dan 13 Desember 2023. Dengan total Sasaran 925 orang di 11 Kecamatan atau di 60 Kelurahan,"ungkapnya. 

Dikatakannya, pemilihan ibu hamil KEK sebagai penerima manfaat Bantuan Bahan Pangan Segar didasari dengan pertimbangan bahwa kurangnya asupan energi pada saat hamil akan menyebabkan kekurangan energi kronis atau KEK. Sebab rendahnya konsumsi gizi pada ibu hamil berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin.

 "Untuk peningkatan status gizi ibu hamil serta upaya dalam memutus rantai stunting, perlu peningkatan asupan gizi khususnya protein hewani maka disalurkan lah Bantuan Bahan Pangan Segar ini,"ungkapnya  

"Semoga melalui penyaluran Bantuan Bahan pangan Segar ini dapat mengurangi angka prevalensi stunting di Kota Depok dan meningkatkan gizi keluarga,"tutupnya. (JD 03/ ED 01)