Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Disdik Hadirkan Stan Produk Kreativitas Siswa di Semarak Hardiknas 2024

JD 08 - berita depok
Minggu, 5 Mei 2024, 5:31 WIB
Stan pameran karya peserta didik pada kegiatan Puncak Hardiknas 2024, di Alun-alun Kota Depok, Sabtu (04/05/24). (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id - Semarak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 digelar selama dua hari yaitu 4-5 Mei di Alun-alun Kota Depok. Selain kegiatan karnaval dan pentas seni, terdapat juga stan pameran karya peserta didik.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, stan ini digelar sebagai bentuk apresiasi karya peserta didik. Juga untuk menghargai dan memberi semangat agar terus melahirkan karya yang mampu memberikan inspirasi bagi peserta didik lainnya.

"Kami ingin memberikan wadah gelar karya peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan serta lembaga pendidikan sesuai dengan semangat merdeka belajar. Ini juga untuk menghargai peran pendidikan dalam memajukan bangsa Indonesia," ujarnya, disela kegiatan Hardiknas 2024 di Alun-alun Kota Depok, Cilodong, Sabtu (04/05/24).

Dikatakannya, terdapat berbagai hasil karya dari 11 stan yang dipamerkan. Antara lain baju daur ulang, prakarya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) siswa, kanvas lukisan dan lain-lain. Sebagian karya hanya dipamerkan, namun ada sebagian lagi yang memang sengaja dijual.

"Seperti ada talenta peserta didik yang bisa membuat kopi dari biji kopi, di acara ini selain dipamerkan, juga di jual. Hasilnya dikembalikan lagi ke sekolah," katanya.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa mengingatkan nilai-nilai pendidikan yang harus ditanamkan dalam setiap individu, seperti kemandirian, kejujuran, kerjasama dan disiplin," tambahnya.

Sementara itu, penjaga stan dari SD Prestasi Global, Kelurahan Rangkapan Jaya, Rizalina Nur Azizah mengatakan pihaknya membawa hasil karya dari peserta didik. Seperti produk daur ulang, prakarya siswa dan lain sebagainya.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat memperkuat semangat kebersamaan dalam bidang pendidikan, baik antar peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan serta lembaga pendidikan, maupun pemerintah dan masyarakat," tutupnya. (JD 08/ED 02)