Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dinsos Depok Evaluasi Pendamping PKH demi Menurunkan Angka Kemiskinan

JD 03 - berita depok
Senin, 19 Oktober 2020, 22:52 WIB

Suasana kegiatan evalusi yang dilakukan oleh Dinsos Kota Depok. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menggelar evaluasi kinerja tenaga pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). Evaluasi rutin yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan kualitas pendamping serta menurunkan angka kemiskinan  di Kota Depok.

Kepala  Bidang Perlindungan dan Jaminan  Sosial, Dinsos Kota Depok, Tri  Redjeki Handayani mengatakan, evaluasi terhadap para pendamping PKH ini rutin dilaksanakan oleh Dinsos setiap bulan. Namun karena pandemi Covid-19, evalusi dilakukan dua kali dalam setahun.

“Ini evaluasi perdana yang dilakukan di masa pandemi Covid-19. Tidak hanya menjadi ajang evaluasi, tapi juga sebagai sarana pertemuan untuk kembali membangun koordinasi. Termasuk menjadi forum untuk memecahkan permasalahan di lapangan. Sebab, para pendamping bukan hanya berfungsi untuk memastikan bantuan dari pemerintah tepat sasaran. Namun mereka juga ikut mendorong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mandiri dan lepas dari kemiskinan,” katanya kepada  berita.depok.go.id   usai kegiatan di Aula Dibaleka II, Lantai 10, Senin (19/10/20). 

Lebih lanjut, ucapnya, para pendamping PKH harus menggelar Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). Hal itu wajib karena untuk membina para KPM tentang pentingnya pendidikan, pengasuhan anak, kesehatan, pengelolaan keuangan dan lainnya.

Dikatakannya, pembinaan juga dilakukan untuk merubah perilaku dan pola pikir untuk menumbuhkan ke mandirian dengan meningkatkan perekonomian. Dengan begitu, para KPM akan sadar untuk keluar dari program PKH (Graduasi Mandiri).

“Pada masa pandemi, mungkin target graduasi tidak bisa dilakukan. Namun tetap target 10 persen dari total PKH di Kota Depok harus graduasi,” tutupnya. (JD 03/ED 02/EUD02)