Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dinkes Depok Skrining Perilaku Merokok Usia Anak Sekolah, 63 SDN Jadi Sasaran

JD 02 - berita depok
Selasa, 7 Mei 2024, 14:22 WIB
Pemeriksaan CO Analyzer kepada salah satu siswa, beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumentasi Dinkes Depok)

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan roadshow skrining perilaku merokok usia anak sekolah. Kegiatan tersebut dilakukan dengan mendatangi 63 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di seluruh kelurahan di Kota Depok.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, skrining bertujuan untuk menganalisis perilaku merokok siswa SD. Adapun pelaksanaannya bersama Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas dimasing-masing wilayah. 

“Skrining ini dilakukan pada SDN terpilih di setiap kelurahan dengan sasaran siswa kelas 4 sampai 6 dan dilaksanakan oleh tim dari Puskesmas untuk mengetahui prevalensi perokok pemula pada remaja,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (07/05/24).

Mary menjelaskan, skrining dilakukan sejak 3 Mei sampai 7 Mei 2024. Adapun pemeriksaan yang dilakukan dengan alat CO Analyzer untuk mendeteksi kadar karbon monoksida pada paru-paru.

Selain itu, tambah Mary, juga dilakukan wawancara langsung kepada siswa. Pertanyaan yang disampaikan terkait karakteristik responden, karakteristik orang tua, perilaku merokok, pengetahuan tentang rokok dan sumber paparan perilaku merokok.

Terakhir, Mary berharap dengan skrining yang dilakukan dapat memberikan pemahaman lebih kepada siswa terkait bahaya merokok. Selain itu juga mencegah adanya perokok pemula.

“Selain pemahaman siswa juga mengetahui bagaimana perilaku merokok di kalangan siswa SD sehingga didapatkan dasar untuk melakukan upaya mencegah perokok pemula,” tandasnya. (JD 02/ ED 01)