Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dinkes Depok Perkuat Kolaborasi dengan Saka Bhakti Husada Pramuka

JD 02 - berita depok
Jumat, 13 Januari 2023, 15:55 WIB
Pertemuan Dinkes dengan SBH Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Depok, kemarin (12/01/23). (Foto: Dokumentasi Dinkes)

berita.depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan pertemuan dengan Saka Bhakti Husada (SBH) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Depok, kemarin (12/01/23). Kegiatan tersebut dilakukan untuk menyamakan persepsi dan memperkuat kolaborasi guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Depok.

"Kami adakan pertemuan rapat koordinasi antara Dinkes dan aktor pembangunan kesehatan pada gerakan Pramuka yaitu Saka Bhakti Husada untuk bidang kesehatan," tutur Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati kepada berita.depok.go.id, Jumat (13/01/23).

Menurut Mary, terdapat enam krida pada SBH yang dapat mendukung program kesehatan di Kota Depok. Yaitu, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Gizi, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Binda Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan Krida Bina Obat.

Dikatakan Mary, enam krida tersebut sejalan dengan bidang dan koordinator yang ada pada Dinkes. Seperti, Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Seksi Promosi Kesehatan, Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, serta Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga. 

Terakhir, Mary berharap, sinergi dan kolaborasi yang telah dibangun dapat terus dilakukan guna menyukseskan sejumlah upaya. Di antaranya percepatan penurunan stunting, pencegahan penyakit menular dan tidak menular, PHBS, maupun pembiasaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Semoga status kesehatan masyarakat di Kota Depok dapat terus meningkat dengan program dan kegiatan bersama yang dilakukan," pungkasnya. (JD 02/ED 01/EUD02)