Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dinkes Depok Bersama Loka POM Kabupaten Bogor Gelar Bincang Sehat

JD 12 - berita depok
Kamis, 23 Februari 2023, 6:47 WIB
News
Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinkes Kota Depok, Juri Hendrajadi, saat membuka acara bincang sehat mengusung tema Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) secara daring, Selasa (21/02/23). (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok bersama Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) Kabupaten Bogor menggelar bincang sehat mengusung tema Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB). Kegiatan tersebut diikuti oleh para pelaku usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) se Kota Depok. 

"Seperti kita ketahui pembangunan kesehatan merupakan bagian yang penting dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinkes Kota Depok, Juri Hendrajadi saat membuka acara secara daring, Selasa (21/02/23). 

Derajat kesehatan masyarakat, imbuhnya, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain gaya hidup dan lingkungan, baik sosial, ekonomi, politik, budaya, pelayanan kesehatan dan faktor genetik atau keturunan. 

"Mungkin upaya kita dalam kegiatan kali ini mempengaruhi derajat kesehatan dari sisi faktor lingkungan, dimana berusaha menciptakan lingkungan yang sehat, yang baik yang mendukung termasuk dalam hal industri rumah tangga pangan," ungkapnya. 

Menurutnya, cara produksi pangan yang baik merupakan salah satu faktor yang penting memenuhi standar mutu atau persyaratan yang dibutuhkan untuk pangan. Cara produksi pangan yang baik juga sangat berguna bagi kelangsungan hidup industri pangan, baik yang berskala kecil maupun berskala besar. 

"Kita ketahui bersama kalau mutu dari produk yang kita hasilkan aman dan bermutu, mudah-mudahan roda usaha dari bapak ibu semua sebagai pelaku industri rumah tangga pangan akan selalu bertahan," ujarnya.

"Diharapkan dengan sosialisasi ini para pelaku usaha IRTP dapat menerapkan cara produksi pangan olahannya dengan baik dan sesuai standar, sehingga keamanan pangan dapat terjamin," tutupnya. (JD 12/ED 01EUD03)