Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dinkes Buka Pelayanan Kesehatan Gratis pada Puncak Acara HTTS dan HTBS

JD 08 - berita depok
Sabtu, 10 Juni 2023, 14:03 WIB
Seorang pengunjung memeriksakan kesehatannya di booth yang disediakan Dinkes Kota Depok pada Puncak Acara Peringatan HTTS dan HTBS Tingkat Kota Depok Tahun 2023 di Alun-alun Kota Depok, Sabtu (10/06/23). (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id- Puncak Acara Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) dan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tingkat Kota Depok Tahun 2023 yang digelar di Alun-alun Kota Depok dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Termasuk pelayanan kesehatan gratis yang didukung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

"Ya, kami buka booth untuk layanan kesehatan gratis. Dimulai sejak pukul 06.30 WIB. Alhamdulillah, antusias masyarakat cukup tinggi, artinya mereka peduli dengan kesehatan," ujar Penanggung Jawab Pemeriksaan Kesehatan, Guruh Arya Cahyo Sarbini di Alun-alun Kota Depok, Sabtu (10/06/23).

Adapun, lanjutnya, pelayanan kesehatan yang diadakan meliputi tensi darah, ukur lingkar perut untuk mengukur tingkat obesitas. Kemudian, pengecekan gula darah sewaktu serta edukasi terkait kesehatan.

"Standar gula yang kami periksa dengan nilai di bawah 140 mg/dL, lalu kadar kolesterol di bawah 200 mg/dL. Jika melebihi, maka akan kami beri edukasi makanan atau minuman yang harus dihindari serta bagaimana mengatur pola hidup sehat," ucapnya.

Guruh menyebut, ada tambahan pengecekan OraQuick secara acak untuk mengecek seseorang terjangkit HIV atau tidak. Kemudian, pengukuran kadar Carbon Monoksida (CO) untuk laki-laki menggunakan alat Smokerlyzer/CO Analyzer/CO Detector untuk mendeteksi dan menganalisa keberadaan CO dalam pernafasan manusia, dengan satuan part per million (ppm).

"Hingga pukul 09.00 WIB sudah ada sekitar 50 pengunjung yang mendaftar. Masalah kesehatan yang paling dominan yaitu kelebihan gula dan kolesterol yang terlalu tinggi," ucapnya.

"Mudah-mudahan acara seperti ini terus berkelanjutan, agar masyarakat bisa memeriksakan kesehatan secara berkala," tutupnya. (JD 08/ED 01)