Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dinkes Bekali Kader Kesehatan Soal Pendampingan Penyandang Disabilitas

JD 02 - berita depok
Selasa, 13 Desember 2022, 14:35 WIB
Seminar Pendamping Kader Kesehatan bagi Penyandang Disabilitas di aula lantai 10 Gedung Dibaleka II, Senin (12/12/22). (Foto: Dokumentasi Dinkes)

berita.depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan seminar dalam rangka Hari Disabilitas Internasional yang jatuh setiap tanggal 3 Desember. Kegiatan tersebut melibatkan kader kesehatan yang nantinya dapat memberikan pendampingan kepada keluarga yang memiliki anak disabilitas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, seminar dilakukan agar kader lebih memahami dan mendapatkan bekal lebih lanjut tentang cara menjangkau penyandang disabilitas. Selain itu, juga turut berperan membantu keluarga penyandang disabilitas.

"Kader kesehatan ini perlu melakukan pendekatan persuasif kepada keluarga dan penyandang disabilitas, tentunya diutamakan membangun komunikasi," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (13/12/22).

Menurut Umi, pemerintah pusat telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kebijakan ini menjadi kerangka institusional untuk mewujudkan pembangunan inklusif bagi semua kalangan, termasuk kelompok penyandang disabilitas.

Dalam mendukung program tersebut, imbuhnya, Kota Depok telah memberikan pelayanan bagi penyandang disabilitas melalui Puskesmas. Kemudian, didukung dengan peran kader dalam dunia kesehatan.

"Kader kesehatan ini punya peran strategis dalam meningkatkan penerimaan keluarga dengan anak penyandang disabilitas, sehingga penting untuk terus dilakukan pendekatan," pungkasnya. (JD 02/ED 01/EUD02)