berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Norwegian Agency for Development Cooperation (Norad) dan Perwakilan The World Bank atau Bank Dunia melakukan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Kamis (06/06/24) kemarin.
Kunjungan yang dilakukan delegasi Norwegia dan Bank Dunia tersebut untuk mengamati progres, pengembangan dan implementasi pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil serta proses aktivasi Indentitas Kependudukan Digital (IKD) pada Disdukcapil Kota Depok.
Senior Digital Development Specialist The World Bank, Jonathan Marskell mengapresiasi pelayanan kependudukan yang dilakukan Disdukcapil Kota Depok.
Menurutnya seluruh layanan kependudukan yang dilakukan Disdukcapil Kota Depok terorganisir dengan baik serta banyak inovasi yang dilakukan.
"Saya terkesan dengan layanan yang ada di Depok, pada 2018 lalu saya sudah datang dan layanannya sudah baik. Kali ini saya datang lagi dengan lebih banyak inovasi," tuturnya kepada berita.depok.go.id.
Jonathan mengungkapkan, seperti layanan Drive Thru bernama De Fast yang memudahkan warga dalam pengambilan dokumen kependudukan.
Dirinya menilai, layanan tersebut sangat bagus dan memudahkan masyarakat.
Selanjutnya untuk aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang juga memudahkan masyarakat dalam membutuhkan administrasi kependudukan dengan identitas digital.
"Saya pikir ini bisa menjadi pelajaran bagi negara lain, bagaimana pelayanannya dapat mudah diakses dan masyarakatnya dapat mudah mendapatkannya," jelasnya.
Sementara itu, Senior Advisor Norad, Huyen Brekken juga mengatakan bahwa inovasi pelayanan yang diberikan Disdukcapil Kota Depok sangat menarik.
Dirinya ingin, apa yang dilakukan di Kota Depok dapat diimplementasikan untuk publik di Negara Norwegia.
"Banyak hal yang bisa dipelajari, ini sangat mengagumkan. Kami ingin inovasi yang dijalankan ini dapat disajikan di negara kami," tutupnya. (JD 02/ ED 01)