Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Di Bawah Kepemimpinan Kapus Tapos, Apkesmi Sudah Lakukan Berbagai Kegiatan

JD09 - berita depok
Senin, 22 Maret 2021, 19:37 WIB

Kepala UPTD Puskesmas Tapos, Trisna Setiawan. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id-Kepala Puskesmas (Kapus) Tapos, Trisna Setiawan telah terpilih sebagai Ketua Asosiasi Puskesmas se-Indonesia (Apkesmi) dalam Musyawarah Nasional (Munas) akhir tahun kemarin. Di bawah kepemimpinannya, Apkesmi telah melaksanakan sejumlah kegiatan dan memperkuat sinergisitas antar organisasi tenaga kesehatan lainnya.

"Apkesmi sudah empat kali mengadakan seminar nasional tentang isu-isu kesehatan. Yang terakhir tentang perlindungan hukum terhadap tenaga kesehatan di puskesmas," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (22/03/21)

Selain itu, ujar Trisna, pihaknya setiap tiga bulan sekali menggelar diskusi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait isu-isu yang ada di sekitar puskesmas. Antara lain tentang pengelolaan dan sarana prasarana puskesmas, tentang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), tentang BPJS Kesehatan dan isu lainnya.

"Kami berdiskusi dengan Pak Menteri dan jajarannya mengenai permasalahan Puskesmas di Indonesia. Sebab, di daerah masih banyak yang kurang Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarananya. Alhamdulillah, respons pak Menteri cukup bagus," terangnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga mengadakan kegiatan kolaborasi bersama Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada), Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes). Kegiatan tersebut ialah Rapat Kerja Nasional Khusus (Rakesnasus) berbentuk seminar nasional.

"Sudah dua kali kegiatan kolaborasi ini dilaksanakan. Yang pertama temanya tentang vaksinasi dan yang kedua tentang sistem informasi kesehatan. Untuk yang ketiga belum ditentukan temanya," katanya.

Lanjut dia, Apkesmi saat ini telah memiliki enam pengurus wilayah di tingkat provinsi. Enam wilayah tersebut ialah Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Jambi.

"Target kami sampai akhir tahun 2021 sudah terbentuk 10 pengurus wilayah dari 34 provinsi yang ada, kemungkinan bisa lebih," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)