Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Cerita Sainah, Nenek 92 Tahun yang Jadi Calon Haji Tertua Kota Depok

JD 05 - berita depok
Sabtu, 27 Mei 2023, 18:16 WIB
Foto: JD 04/Diskominfo Nenek Sainah berusia 92 tahun (kanan) asal Kecamatan Beji merupakan jemaah calon haji tertua dari Kota Depok. Dirinya tampak sedang menunggu pemberangkatan dari Masjid Balai Kota Depok menuju Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Sabtu (27/05/23).

berita.depok.go.id - Warga Beji Timur, Sainah menjadi jemaah calon haji (calhaj) tertua Kota Depok tahun 2023. Nenek berusia 92 tahun ini berangkat ke Tanah Suci Mekkah bergabung dengan jemaah gelombang pertama atau kloter 10 Kota Depok.

Sainah berangkat hanya seorang diri. Meski telah berumur, dirinya dipastikan dalam kondisi sehat dan layak terbang.

"Senang sekali pas tahu berangkat tahun ini, tapi sedih juga karena hanya sendiri tanpa didampingi anak," katanya saat ditemui di Masjid Balai Kota Depok sebelum keberangkatannya ke Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Sabtu (27/05/23).

Nenek Sainah, sapaan akrabnya, merupakan warga RT 02 RW 02 di Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji. Dia sudah menunggu waktu keberangkatan sejak 10 tahun lalu.

Ia menceritakan, ketika tahun 2013, Sainah mendaftar bersama anaknya yang bernama Raynah. Namun harapan bisa berangkat bersama kandas lantaran hanya dirinya yang terdaftar menjadi jemaah calon haji tahun ini.

"InsyaAllah saya siap menjalani ibadah haji tahun ini dengan segala persiapan yang ada," kata Nenek Sainah.

Di tempat yang sama, Raynah anak Nenek Sainah menyebut, meski tidak didampinginya ia tetap berharap ibundanya diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalani ibadah di Tanah Suci Mekkah.

"Mudah-mudahan emak (ibu) sehat selalu bisa melakukan ibadah haji yang wajib dan sunnah, jadi yang haji mabrur, bisa kumpul lagi sama keluarga di Kota Depok," pungkasnya. (JD 05/ED 02/EUD 04)