Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Cegah Stunting, Lurah Pocin Minta Tim Pendamping Keluarga Kompak

JD 08 - berita depok
Rabu, 20 Maret 2024, 22:54 WIB
Lurah Pocin, Nurman Hakim saat memberikan sambutan dalam kegiatan Orientasi Tim Pendamping Keluarga di Aula Kantor Kelurahan Pocin, Rabu (20/03/24). (Foto:Dok.Kelurahan Pocin)

berita.depok.go.id - Sebanyak 48 Tim Pemdamping Keluarga (TPK) di Kelurahan Pondok Cina (Pocin) mengikuti orientasi bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kegiatan tersebut diadakan di Aula Kantor Kelurahan Pocin, Rabu (20/03/24).

Lurah Pocin, Nurman Hakim menyebut, untuk menurunkan dan menekan kasus stunting, dibutuhkan kerja sama seluruh pihak. Untuk itu, ia meminta seluruh TPK agar membangun koordinasi dan tetap kompak.

“Para pendamping keluarga harus terus berkolaborasi kepada pengurus lingkungan RT-RW, dan masyarakat. Agar Koordinasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terkait tugas dan pengumpulan data, bisa terlaksana dengan optimal,” katanya, di sela-sela kegiatan Orientasi TPK Kelurahan Pocin.

Dikatakannya, orientasi TPK merupakan upaya peningkatan kader Keluarga Berencana (KB), kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan bidan yang tergabung dalam TPK untuk pencegahan dan percepatan penurunan stunting.

"Keberhasilan bisa diraih apabila saling membantu dan kerja sama serta kompak. Peran ibu-ibu yang ditunjuk menjadi TPK sangat membantu pemerintah dalam percepatan penurunan angka stunting," jelasnya.

Nurman menyebut, terdapat lima sasaran warga yang akan didampingi oleh para kader. Yaitu, calon pengantin, ibu hamil, pasangan usia subur, keluarga yang memiliki anak berusia dua dan lima tahun.

"Dengan adanya kegiatan ini, mudah-mudahan dapat menekan kasus stunting yang ada. Karena permasalahannya sudah diantisipasi sejak dini," tutupnya. (JD 08/ED 02)