Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Calon Jemaah Haji Kota Depok Diingatkan Saling Bantu, Terutama Terhadap Lansia

JD10 - berita depok
Senin, 29 Mei 2023, 16:30 WIB
Kepala Kemenag Depok, Enjat Mujiat. (Foto : JD04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Kepala Kementerian agama (Kemenag) Kota Depok, Enjat Mujiat mengingatkan jemaah calon haji (calhaj) agar saling membantu saat melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi. Jadi calhaj tidak hanya fokus dengan target ibadahnya masing-masing.

"Ibadah haji itu adalah membangun ukhuwah, maka, para jemaah calon haji harus bisa saling membantu dan peduli terhadap sesama," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Senin (29/05/23).

Dirinya menuturkan, selama melaksanakan ibadah haji di Baitullah sudah menjadi kewajiban bagi setiap jemaah agar memiliki kepekaan dan rasa empati. Terutama terhadap jemaah berusia lanjut (lansia) dengan keterbatasan mobilitas dikarenakan berkurangnya kekuatan secara fisik.

"Karena itu, setiap bimbingan manasik diharapkan menjadi salah satu momen bagi para jemaah untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Agar bisa menghilangkan rasa canggung antar jemaah dan merasa seperti keluarga," tuturnya.

Dirinya berpesan kepada jemaah calhaj untuk selalu menjaga kesehatan, selalu memakai masker, bersama rombongan dan mendengarkan selalu arahan dari koordinator rombongan yang bertugas.

Kemudian, usahakan selalu minum air satu teguk setiap 30 menit agar tidak mengalami dehidrasi karena cuaca di Arab Saudi sangat panas.

"Usahakan juga selalu membasuh wajah dengan air, agar selalu lembab dan kulit tidak terbakar," tambahnya.

Terakhir, jaga dengan baik barang-barang yang dibawa, seperti perhiasan, uang dan barang berharga lainnya. Jika mengalami kendala bisa meminta bantuan kepada koordinator yang bertugas.

"Ada 200 petugas Kota Depok yang siap membantu jemaah selama menunaikan ibadah haji di tanah suci," tutupnya. (JD10/ED02/EUD04)