Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bunda Elly Ajak Warga Muslim Bayar Zakat Fitrah

JD09 - berita depok
Minggu, 31 Maret 2024, 7:50 WIB
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida. (Foto : Tangkapan Layar).

berita.depok.go.id - Menjelang hari-hari terakhir bulan suci Ramadan, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida mengajak seluruh umat Islam untuk mempersiapkan zakat fitrah.

Hal tersebut disampaikannya dalam program Sapa Bunda di channel YouTube Elly Farida Idris yang tayang pada Sabtu (31/03/24). 

Bunda Elly, sapaan Ketua TP-PKK Kota Depok, menjelaskan zakat fitrah adalah kewajiban bagi setiap muslim yang mampu untuk membayar sebelum Idulfitri. Ini bukan sekadar kewajiban, tetapi merupakan panggilan untuk bersikap bijaksana terhadap orang-orang yang membutuhkan. 

"Zakat fitrah juga satu kesucian yang harus kita tunaikan menyempurnakan dari semua kekurangan," ucapnya.

Menurut Bunda Elly, saat ini membayar zakat fitrah tak hanya membersihkan harta dari kotoran dosa. Namun, juga membersihkan hati dari keserakahan dan egoisme serta pelit untuk berbagi.

"Zakat fitrah mengajarkan kepada kita tentang empati dan solidaritas sosial. Mengingatkan kepada kita semua bahwa tak semua orang memiliki kecukupan untuk merayakan Idul Fitri dengan layak," tuturnya.

Lewat zakat fitrah, kata Bunda Elly, umat Islam berbagi kebahagiaan yang siap diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan, sehingga semakin menguatkan ikatan sosial di masyarakat muslim.

Lebih lanjut, Bunda Elly mengajak semua merenung mengapa mengapa Allah SWT mewajibkan umatnya mengeluarkan zakat. Salah satunya ialah menunjukkan tanggung jawab umat Islam terhadap lingkungan di sekitarnya.

"Yuk kita gunakan kesempatan ini untuk berbagi dan memberikan cinta serta memberikan dukungan kepada mereka yang sangat membutuhkan, merangkul semangat kebersamaan kedermawanan dalam menyambut hari kemenangan Idulfitri. Yaitu kemenangan dengan fitrah yang kita bawa menghadap Allah SWT," ajaknya.

"Semoga tahun ini kita bisa menunaikan puasa dengan sempurna dan dilengkapi dengan zakat fitrah. Kembali kepada Allah dengan hati yang bening jiwa yang bersih dan diterima amal ibadahnya untuk jadi orang-orang yang bertakwa," tandas Bunda Elly. (JD09/ED02)