Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bulan Vitamin A, Puskesmas Cimanggis Sasar 1.468 Balita

JD 02 - berita depok
Selasa, 2 Februari 2021, 12:24 WIB

Kader Posyandu di wilayah Puskesmas Cimanggis saat memberikan vitamin A kepada balita. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cimanggis turut menyukseskan Bulan Vitamin A yang dilaksanakan setiap Februari dan Agustus. Dalam pelaksanaan, sebanyak 1.468 balita usia 6-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Cimanggis yakni Kelurahan Curug, bakal mendapatkan vitamin A.

Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis, Lina Herlina mengatakan, balita menerima vitamin A melalui Posyandu setempat. Pemberiannya langsung dilakukan oleh para kader di Posyandu.

“Vitamin A kami diberikan kepada balita melalui Posyandu dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes)," katanya kepada  berita.depok.go.id, Selasa (02/02/21).

Lina menuturkan, protkes juga harus dijalankan oleh ibu dan balita yang menerima vitamin A. Tentu dengan menggunakan masker dan menjaga jarak diri selama di Posyandu.

Lanjut dia, vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab, sambungnya, vitamin A ini terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

“Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan,” tambahnya.

Lina pun mengharapkan, melalui pemberian vitamin A seluruh balita dapat tumbuh berkembang dengan optimal. Selain itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh mereka selama pandemi Covid-19. (JD02/ED02/EUD02)