berita.depok.go.id - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok memperluas dukungan bagi pelaku usaha dengan menyiapkan Memorandum of Understanding (MoU) bersama 10 pusat perbelanjaan (mal) di Kota Depok.
Langkah ini diambil untuk membuka akses pasar yang lebih luas dan memberikan ruang promosi yang lebih permanen bagi UMKM dan pengrajin yang telah dibina pemerintah.
Ketua Dekranasda Kota Depok, Siti Barkah Hasanah atau Cing Ikah, menjelaskan bahwa rencana MoU tersebut merupakan arahan langsung Wali Kota Depok, Supian Suri untuk terus mengawal perkembangan UMKM.
“Alhamdulillah, saya meminta arahan pak Wali untuk terus mengawal, mempromosikan, membantu para pelaku usaha, baik di bidang fesyen maupun UMKM. Kita berkolaborasi membangun kemitraan dengan mal-mal yang ada di Depok,” ujar Cing Ikah, Kamis (04/12/25).
Dalam kerja sama ini, Dekranasda menyiapkan dua agenda besar.
Pertama, program “goes to mall” setiap bulan, di mana Dekranasda akan mengajak pelaku usaha terkurasi untuk berkeliling ke mal-mal dan mempromosikan produk mereka.
“Kita akan roadshow bersama para pelaku usaha, yang sudah dikurasin tentunya. Kita tampilkan produk-produk mereka supaya makin dikenal,” kata Cing Ikah.
Kedua, Dekranasda menargetkan memiliki satu ruang permanen di mal, baik dalam bentuk kontrak ruangan atau konsep lain yang memungkinkan produk UMKM bisa dipasarkan secara rutin.
“Ini upaya agar pelaku usaha yang sudah dibina punya tempat yang layak. Harapannya mereka benar-benar naik kelas,” ucapnya.
Cing Ikah menyebutkan, Dekranasda sebelumnya juga telah membuka tujuh titik Toko Oleh-oleh Dekranasda Depok Maju (DDM) di berbagai lokasi strategis.
Mulai dari pusat Kota Depok, hotel, bank, hingga rumah sakit.
“Ternyata ibu-ibu yang tadinya produknya tidak dikenal, sekarang sudah ada di berbagai sudut kota. Saya bahagia sekali, produk UMKM kita mulai terpancar,” ujarnya.
Ia menegaskan bahwa ini bukti UMKM Depok bergerak naik kelas bersama.
Penandatanganan MoU dengan 10 mal dijadwalkan 7 Desember, menjadi rangkaian kegiatan Dekranasda Expo yang dipusatkan di Depok Open Space (DOS) .
Beberapa mal yang sudah konfirmasi antara lain Margo City, Savero, Ramayana, D’Mall, dan The Park Sawangan.
Dekranasda juga berkolaborasi dengan DKUM dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) untuk memastikan roadshow dan promosi berjalan berkelanjutan.
“Ini bagian dari tugas saya sebagai seorang ibu. Mencarikan jodoh bagi produk teman-teman semua,” tandasnya. (JD09/ED 01).
