Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bersama Lintas Sektor, Pemkot Depok Matangkan Persiapan Pemberangkatan Jamaah Calhaj

JD10 - berita depok
Selasa, 7 Mei 2024, 15:34 WIB
Suasana rapat persiapan pemberangkatan jemaah calon haji Kota Depok tahun 2024, di Ruang Bougenville, Selasa (06/05/24). (Foto : Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) hari ini menggelar rapat persiapan menjelang keberangkatan jamaah calon haji (calhaj) tahun 2024. Beberapa hal dibahas untuk mematangkan rencana agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik. 

"Salah satu hal yang dibahas yakni antisipasi para pengantar agar bisa diatur sehingga kegiatan dapat berjalan lancar," ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Dzikrulloh Kamali kepada berita.depok.go.id, di Ruang Bougenville, Selasa (06/05/24).

Dirinya mengatakan, rapat ini dihadiri oleh beberapa perangkat dinas dan instansi vertikal terkait. Seperti, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Komandan Distrik Militer (Kodim) hingga Kepolisian.

"Para perangkat daerah dan instansi vertikal juga turut ambil bagian dengan menerjunkan personelnya pada saat kegiatan nanti," ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Depok, Yuli Rahmawati menambahkan, dari lima kloter yang akan diberangkatkan, hanya empat kloter saja yang berangkat dari Kota Depok. Sisanya akan digabungkan dengan daerah lain.

"InsyaAllah pemberangkatan pertama kita tahun ini merupakan kloter 13 JKS yang berangkat pada 16 Mei 2024 sebanyak 440 jemaah," tuturnya.

Lebih lanjut, karena akan ada pembangunan disekitar area Kantor Pemkot Depok, maka lokasi pemberangkatan berpindah ke Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Nantinya pelepasan jamaah calon haji akan dilakukan di Masjid UIII.

"Mudah-mudahan kegiatan ibadah haji seluruh rangkaiannya berjalan lancar, mulai dari pemberangkatan, di Mekkah, Madinah, Armusna hingga kembali ke Indonesia. Sehat semuanya dan menjadi haji yang mabrur," tutupnya. (JD10/ ED 01).