Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Berikut Tips Jaga Kesehatan di Puncak Musim Penghujan dari Puskesmas Cilangkap

JD09 - berita depok
Kamis, 26 Januari 2023, 17:48 WIB
Flyer UPTD Puskesmas Cilangkap (Istimewa)

berita.depok.go.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cilangkap membagikan tips menjaga kesehatan saat puncak musim penghujan. Mengingat, saat ini sebagian wilayah di Indonesia masih berada pada puncak musim hujan.

Kepala UPTD Puskesmas Cilangkap, Helda Ika Setyarini menjelaskan, musim hujan merupakan waktu banyak berkembangnya bakteri dan nyamuk. Untuk itu, diperlukan langkah pencegahan yang harus dilakukan oleh masyarakat.

"Salah satunya dengan menghindari air kotor atau kubangan air," katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (26/01/23).

Setelah itu, ujar Helda, biasakan mencuci tangan dan kaki setelah beraktivitas menggunakan sabun serta air mengalir. Hindari menyentuh wajah dengan tangan langsung.

"Kemudian, cegah perkembangan populasi nyamuk dengan rutin membersihkan lingkungan rumah dan menutup genangan air," terang Helda.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin. Serta rutin mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

"Jika terjadi penurunan kesehatan diharapkan masyarakat segera memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat," tutup Helda. (JD09/ED02/EUD03)