Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Baznas Depok Berencana Buat RW Ramah Zakat

JD 12 - berita depok
Selasa, 31 Januari 2023, 9:41 WIB
News
Ketua Baznas Kota Depok, Endang Ahmad Yani. (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok akan membuat Rukun Warga (RW) Ramah Zakat. Hal ini guna memudahkan pengumpulan dan pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) di Kota Depok.

Ketua Baznas Kota Depok, Endang Ahmad Yani mengatakan, RW Ramah Zakat merupakan salah satu strategi pengumpulan dan penyaluran dana ZIS di tingkat RW. Dengan cara melakukan optimalisasi peran RT melalui pendataan warganya yang termasuk kategori muzakki dan mustahik.

"Setelah data tersebut terkumpul maka disepakati dana ZIS dari muzakki akan diberikan kepada mustahik di sekitar lingkungan tersebut dengan program-program yang sudah distandarisasi Baznas Kota Depok," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Senin (30/01/23).

Dirinya menjelaskan, pengumpulan dana tersebut dilakukan oleh UPZ (Unit Pengumpul Zakat) yang sudah terdaftar. Baik UPZ masjid atau lembaga lainnya di sekitar RW tersebut.

"Salah satu programnya adalah menempatkan ATM beras di UPZ masjid, warga yang berhak menerima beras tersebut mengambil berasnya di masjid dengan rekomendasi dari RT masing-masing. Selain mendapatkan beras, warga diimbau agar menjadi jemaah masjid yang bersangkutan, sehingga berasnya dapat, berkahnya juga dapat," ungkapnya.

Dengan cara seperti itu, imbuhnya, diharapkan tidak ada lagi mustahik di RW Ramah Zakat. Sehingga pihaknya dapat menyalurkan ZIS ke lokasi lain yang masih membutuhkan bantuan.

"Kalau begitu saya yakin, Depok itu akan menjadi kota zakat pertama di Indonesia," tandasnya. (JD 12/ED 01/EUD03)