Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kesra Pemerintahan Berbudaya

Babak Selanjutnya Berpuasa, Ampunan dan Pembebasan

JD 03 - berita depok

34
Jumat, 22 Apr 2022, 5:24 WIB

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok Mangnguluang Mansur.

berita.depok.go.id - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok Mangnguluang Mansur menyampaikan tausiah Ramadan malam ke-20. Tausiah yang disampaikan mengenai makna puasa yang memasuki babak berikutnya yakni ampunan atau maghfirah. Ia menjahit fase rahmah sebelum menempuh jalan berliku sampai dengan pembebasan atau itkum minannar. 

Pria yang kerap disapa Agung ini menjelaskan, dalam pendakian yang kian berat itu, tidak sedikit manusia terjebak pada eksoterisme religi ketimbang mengais esoterisme yang tersimpan jauh di ke dalaman puasa. Meminjam istilah Schuon (1981), eksoterisme religi mencirikan kepadatan ritual, festival budaya, syiar dan pengaruh sosiologisnya atau surface structure. 

Sementara, lanjut Agung, esoterisme religi memburu ke dalaman, penjiwaan, ruhiyah, berupaya menyelami bagian paling tubir dari sisi religi (deep structure). Mereka yang kuat ritual, tak jarang kelelahan, tanpa bisa meraih bagian paling nikmat di ujung puasa. 

Kata nabi, sambung dia, berapa banyak orang puasa tak memperoleh apa-apa kecuali lapar dan  dahaga. Bagi mereka yang beruntung tentu mampu menggapai keduanya. Artinya, mereka tak hanya menjalani ritual, juga menampakkan keberartiannya lewat berbagi rasa. Serta hidup dalam kualitas mahluk sosial. 

Dalam pencarian makna seperti itu, peluang memperoleh predikat tertinggi bukanlah fatamorgana.

"Merekalah peraih 'tattaqun' lewat refleksi integritas imaniah, iqrorun bil lisan, tasdiqun bil qolbi, wa amalun bil arkan. Fase ampunan menawarkan berbagai remisi, grasi, amnesti, abolisi, bahkan rehabilitasi atas nama Tuhan," katanya. 

Lebih lanjut, ujar Agung, semua fasilitas ditujukan bagi pendosa yang terperangkap dalam keterpenjaraan nafsu jasmani dan penyakit rohani. Dalam analogi itu, ujar dia, diperlukan tebusan setimpal lewat tindakan nyata agar ampunan Tuhan tak hanya bersifat pembebasan bersyarat, tapi pemulihan tanpa batas. Pemaafan di dunia dan akherat sebagaimana janjinya, mengampuni dosa semuanya (Az Zumar, 53). 

"Tak ada dosa yang tak dimaafkan sejauh manusia menampilkan kesungguhan diri. Dalam spirit yang sama tak ada rintangan memaafkan kekhilafan orang lain, sejauh tampak keseriusan lewat pergaulan hidup," ucapnya. 

Misalnya saja, Presiden Nelson Mandela mampu memaafkan sipir yang mengencingi dirinya saat di bui. Buya Hamka memaafkan petinggi negara yang memenjarakan dirinya. Muhammad SAW mendoakan mereka yang melempari wajahnya hingga berlumur darah.

Bila pelanggar hukum bergantung pada keadilan negara, maka pelanggar moral bergantung pada ampunan Tuhan dan pemaafan kita masing-masing (Hegel,1807). 

Menurutnya, dalam optimisme ampunan yang sedemikian luas itu, kita berusaha melewati waktu agar tak sia-sia kehilangan peluang. Doa-doa dipanjatkan agar setebal apapun pelanggaran di dunia dapat lekas ditebus.

"Bukankah seorang kriminal masih berpeluang ke surga sejauh jaraknya lebih dekat ke lokus pertaubatan. Bahkan seorang pezina pun berpeluang diampuni sejauh sandalnya masih meneteskan air untuk seekor anjing yang kehausan," ungkap Agung.

"Sesungguhnya Tuhan akan menerima taubat seorang hamba selama nafasnya belum sampai di tenggorokan (Ibnu Majah & Tirmidzi)," tambahnya. 

Pada makna lain, ujar dia, puasa memandu kemampuan terbaik manusia menampakkan jati dirinya. Kemampuan itu tak hanya pada aspek literasi religi, juga kemampuan psiko dan afeksinya. Keterampilan muncul sebagai respons atas kelemahan diri dan lingkungannya. 

"Demikian pula perilaku manusia cenderung menjadi lebih mungkin menahan ketimbang membiarkan dorongan eksistensi diri yang tak berujung. Hanya kematianlah yang membatasi hasrat manusia untuk bertumbuh dan berkembang," jelasnya.

Eksistensi manusia jamak diukur lewat mistar materialisme. Kita, cenderung memenuhi filsafat perut dan di bawahnya sebagai laku hedonisme. Dalam situasi itu manusia kehilangan nilai terbaiknya lantaran tertutup oleh timbunan lemak kesenangan duniawi. 

Keterbelakangan religi menjadikan manusia cenderung menilai lewat teropong materi. Manusia seakan papa jika tanpa harta dan tahta. 

"Kita lupa bahwa semua itu justru rapuh, menua, dan ditinggal. Puasa membuka ruang kontemplasi untuk kembali ke jalan yang benar. Yaitu jalan orang-orang yang Ia beri nikmat dan ridhoi. Pencarian makna lewat ampunan setidaknya mengosongkan kembali bilik jiwa dari himpitan dosa," jelas Agung. 

Dengan begitu spirit kita melihat masa depan semakin terang dan ringan. Sinar benderang semacam itu memberi asa untuk sampai ke titik kesucian diri 'fithrah'. Bila Tuhan dengan mudah mau mengampuni, lalu mengapa manusia terkadang sulit memaafkan.

"Mungkin ada benarnya kata seorang tokoh religi, pengampunan adalah alat yang ditempatkan dalam tangan kita yang rapuh, untuk sebuah tujuan akhir, mendapatkan ketenangan hati," tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)


Apa reaksi anda?
0
0
0
0
0
0
0