Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Antisipasi Longsor, Tebing Kali Kumpa Ditanami Pohon

JD 05 - berita depok
Rabu, 12 Agustus 2020, 11:30 WIB

Warga Perumahan Gema Pesona Estate rutin melakukan kerja bakti dengan menanam pohon di pinggir tebing Kali Kumpa, Kelurahan Sukmajaya, Selasa (11/08/20). (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Warga Perumahan Gema Pesona Estate, RW 11, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya menanam sebanyak 30 bibit pohon di sekitar tebing Kali Kumpa yang melintasi perumahan mereka. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi longsor.

Ketua RW 11 Perumahan Gema Pesona Estate, Purwoto mengatakan, kegiatan menanam pohon ini merupakan bagian untuk mewujudkan visi lingkungan perumahannya yakni bersih, indah, aman dan nyaman. Adapun bibit pohon yang ditanami berjenis tanaman keras.

“Untuk di tebing Kali Kumpa kami tanam bibit pohon mahoni, trembesi, sengon dan jati," ujarnya kepada berita.depok.go.id, kemarin.

Selain itu, sambungnya, pihaknya juga menanam tanaman obat keluarga (toga) di  area taman perumahan. Seperti, kunyit, jahe, lidah buaya, mengkudu, kencur dan lainnya.

Purwoto menuturkan, warga di lingkungannya sering melakukan penanaman pohon dan pemeliharaan taman di area perumahan. Kegiatan ini dilakukan agar memberi sensasi kenyamanan kepada masyarakat dan tamu yang datang ke wilayah Gema Pesona Estate.

"Alhamdulillah, semua ini bisa berjalan juga berkat pemerintah yang menyediakan bibit tanaman dan pupuk secara gratis," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)