Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

171.766 KPM PKH, BST dan DTKS di Depok Bakal Dapat BSB

JD 03 - berita depok
Jumat, 30 Juli 2021, 15:05 WIB

Penyaluran BSB di Kota Depok. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Sebanyak 31.628 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Depok bakal mendapatkan Bantuan Sosial Beras (BSB) dengan total 316.280 kilogram (kg) selama satu bulan. Masing-masing KPM PKH ini, memperoleh beras sebanyak 10 kg.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kota Depok, Tri Redjeki Handayani mengatakan, selain PKH, peserta Bantuan Sosial Tunai (BST) juga akan mendapatkan BSB sebanyak 10 kg. Total BST di Kota Depok sebanyak 137.138 KPM. 

“Penyaluran dilakukan mulai tanggal 19 Juli hingga 20 Agustus 2021. Penyaluran dilakukan secara bertahap sesuai arahan pusat," katanya kepada berita.depok.go.id, Rabu (28/07/21).

Dikatakannya, BSB juga diberikan kepada masyarakat yang ada di dalam data Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Namun khusus bagi lansia dan penyandang disabilitas.

“BSB yang diberikan kepada 3.000 KPM. Setiap KPM akan mendapat beras 5 kg. BSB ini disalurkan ke seluruh kecamatan se-Kota Depok,” jelasnya 

Dirinya menambahkan, BSB merupakan bantuan untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dari pemerintah pusat. Mekanisme penyaluran bantuan dilakukan dari Bulog, pendistribusian langsung ke KPM atau titik-titik yang disepakati di tingkat kelurahan. 

“Semuanya dilakukan oleh transporter yang ditunjuk Kementerian Sosial (Kemensos), didampingi para pendamping PKH untuk memonitor kepada KPM PKH. Untuk KPM dari DTKS akan disalurkan oleh ASN dibantu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK),” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)