Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

14 Kelurahan Dinilai Berhasil Bentuk Satgas Kapitu, Dinkes Beri Penghargaan

JD 02 - berita depok
Selasa, 30 Agustus 2022, 9:01 WIB

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyerahkan piagam penghargaan kepada 14 kelurahan di Kota Depok. Penghargaan diberikan karena kelurahan tersebut telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Kampung Peduli Tuberkulosis (Kapitu).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, sebagai pilot project pada tahun 2021 telah dibentuk Kampung Kapitu di 14 kelurahan. Yang terdiri dari tenaga kesehatan, Pokja Sehat Kelurahan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Kami berikan apresiasi karena 14 kelurahan ini sudah mendukung pembentukan Satgas Kapitu dan menjalankan programnya,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (30/08/22).

Lebih lanjut, Umi merinci, 14 kelurahan yang telah membentuk Satgas Kapitu antara lain Kelurahan Pancoran Mas, Kelurahan Depok, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, dan Kelurahan Sawangan. Selanjutnya, Kelurahan Sawangan Baru, Kelurahan Bedahan, Kelurahan Pengasinan, dan Kelurahan Cinangka.

Lalu, sambung Umi, Kelurahan Pasir Putih, Kelurahan Kedaung, dan Kelurahan Tanah Baru. Serta, Kelurahan Depok Jaya dan Kelurahan Mampang.

Umi pun berharap, dengan adanya Satgas Kapitu dapat semakin optimal dalam menanggulangi permasalahan Tuberkulosis di Kota Depok. Tentunya dapat menemukan kasus sebanyak-banyaknya.

“Juga dapat melakukan pendampingan sampai selesai pengobatan dan dapat mengendalikan penularan Tuberkulosis di masyatakat secara terpadu,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)