Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

10 Kubik Sampah Dibersihkan dari Situ Tujuh Muara

JD10 - berita depok
Senin, 29 Mei 2023, 20:08 WIB
Warga membersihkan area Situ Tujuh Muara saat Gerakan Masyarakat Bersihkan Situ (GEMES), Minggu (28/05/23). (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Bojongsari sukses menggelar Gerakan Masyarakat Bersihkan Situ (Gemes) di Situ Tujuh Muara, Minggu (28/05/23). Sebanyak 10 kubik sampah berhasil diangkut saat aksi bersih-bersih di situ tersebut.

Wakil Ketua Pokdarwis Bojongsari, Daud Sulaiman mengatakan, sampah yang dibersihkan terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari tanaman liar, potongan-potongan pohon tumbang, sampah botol, plastik hingga sisa makanan pengunjung situ.

"Sampah-sampah tersebut dibawa oleh mobil Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (29/05/23).

Dirinya mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung situ. Menurutnya, jika lingkungan situ bersih dapat menjadi daya tarik wisata di Bojongsari.

"Kalau suatu tempat bersih dan memberikan kenyamanan diharapkan akan lebih banyak mengundang pengunjung datang berwisata," katanya.

Dalam kegiatan ini, pihaknya berkolaborasi dengan banyak pihak, antara lain, aparatur Kelurahan Bojongsari, Komunitas Sahabat Situ, kelompok kerja situ, kelompok kerja sehat dan karang taruna.

Ada juga dari Komunitas Pemuda lokal, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat mengajak masyarakat untuk menjaga kebesihan, sehingga Tujuh Sapta Pesona bisa tercipta. Yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan, di Situ Tujuh Muara.

"Karena kebersihan dan kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama bukan hanya pengelola saja," tutupnya. (JD10/ED02/EUD 04)