Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Wujudkan Posyandu Siklus Hidup, Dinkes Depok Adakan Pelatihan Keterampilan Dasar Bagi Kader

JD 02 - berita depok
Senin, 4 Desember 2023, 15:19 WIB
Kader Posyandu yang mengikuti Pelatihan Keterampilan Dasar kepada Kader Posyandu di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis, Senin (04/12/23). (Foto: Dokumentasi Dinkes Depok).

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok hari ini mengadakan kegiatan Pelatihan Keterampilan Dasar kepada Kader Posyandu di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan peningkatan keterampilan kader dalam mewujudkan Posyandu Siklus Hidup tahun 2024. 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sedang melaksanakan transformasi layanan kesehatan primer dengan melakukan penguatan pelayanan kesehatan dasar. Dalam implementasinya, transformasi layanan kesehatan primer difokuskan pada pendekatan siklus hidup dengan penguatan pada upaya promotif dan preventif, serta mendekatkan layanan kesehatan melalui jejaring Posyandu hingga ke tingkat RT dan RW. 

"Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan peningkatan keterampilan kader Posyandu untuk mampu memberikan pelayanan seluruh sasaran siklus kehidupan melalui 25 keterampilan dasar kader," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (04/12/23).

Dikatakan Zakiah, kader Posyandu ini diberikan pelatihan terkait 25 keterampilan dasar kader. Seperti, keterampilan pengelolaan Posyandu, keterampilan bayi dan balita, keterampilan ibu hamil dan menyusui, keterampilan usia sekolah dan remaja, hingga keterampilan usia produktif dan lansia. 

Zakiah menambahkan, para kader yang mengikuti pelatihan ini merupakan perwakilan dari sebelas Posyandu yang menjadi pilot project Posyandu Siklus Hidup. Posyandu yang terpilih ini akan mulai melaksanakan program Posyandu Siklus Hidup pada awal tahun 2024.

"Melalui pelatihan yang kami lakukan ini harapannya kader dapat mengetahui tentang Posyandu siklus hidup, memahami cara implementasinya, serta melaksanakan berbagai program yang sudah ditentukan demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," tandasnya. (JD 02/ ED 01).