Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Waspada Kenaikan Kasus Flu Singapura, Kenali Gejala dan Penularannya

JD 02 - berita depok
Sabtu, 30 Maret 2024, 13:02 WIB
Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati. (Foto: JD 01/Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Penyakit Flu Singapura atau Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) kini tengah merebak terutama dikalangan anak-anak. Sehingga masyarakat perlu mengenali gejalanya agar dapat mengantisipasi penularan penyakit tersebut. 

"Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dari famili enterovirus. Sering menyerang anak di bawah usia 5 tahun, 5-10 tahun, bahkan dapat menyerang bayi," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati kepada berita.depok.go.id, Sabtu (30/03/24). 

Mary menambahkan, masyarakat dapat mengenali sejumlah gejala flu singapura. Gejala yang muncul seperti, demam, batuk, timbul bintik merah disekitar rongga mulut, tidak nafsu makan, dan nyeri perut. 

Gejala lainnya, adalah radang tenggorokan, ruam yang tidak terasa gatal dan disertai lepuhan di telapak tangan, telapak kaki, dan bokong. 

Lebih lanjut, Mary mengungkapkan, flu singapura dapat menular melalui berbagai cairan dalam tubuh. Sehingga perlu diwaspadai penularannya. 

"Penyakit ini dapat menular melalui ingus, ludah, dahak, serta tinja dan feses. Maka, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta rutin Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)," tutupnya. (JD 02/ ED 01).