Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Warga Perumahan Mega Cinere Lakukan Peremajaan Pohon Peneduh

JD10 - berita depok
Senin, 3 Oktober 2022, 21:08 WIB
Suasana penanaman pohon di Perumahan Mega Cinere RW 09 dan 10. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Guna menciptakan kenyaman, warga RW 09 dan 10 Perumahan Mega Cinere, Kelurahan/Kecamatan Cinere melakukan peremajaan pohon-pohon tua yang ada di wilayahnya. Sedikitnya 500 pohon disiapkan oleh mereka untuk menggantikan pohon yang sudah tua dan besar di wilayah tersebut.

Ketua RW 10 Mega Cinere, Yosi Satrio Saputro mengatakan, peremajaan pohon yang sudah tua merupakan permintaan dari warga agar tidak membahayakan masyarakat. Terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan, dimana bisa saja terjadi angin kencang yang dapat mengakibatkan pohon tumbang.

"Selain itu, akar-akar pohon tua juga menghambat saluran air yang tepat berada di bawahnya, sehingga menyebabkan genangan ketika hujan karena air laju air tertahan akar," katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (03/10/22).

Dirinya mengatakan, peremajaan pohon yang dilakukan sudah mendapatkan izin dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, camat, lurah dan warga setempat. Sedikitnya 500 pohon pun disiapkan sebagai pengganti pohon yang diremajakan, dengan jenis pucuk merah dan ketapang kencana.

"Kami menerima bantuan pohon-pohon dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Citarum - Ciliwung," katanya.

Dirnya menjelaskan, dari 500 pohon pengganti, baru 50 yang ditanam di sepanjang jalan komplek Mega Cinere. Sisanya akan diserahkan kepada RT yang ada di wilayah RW 09 dan 10 agar tercipta lingkungan yang asri, hijau dan tumbuhannya seragam.

Dia berharap, melalui kegiatan ini bisa menjadi percontohan untuk mengajak lingkungan di Kelurahan Cinere agar bisa berbenah. Agar ke depannya dapat memberi kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan Pemerintah Kota Depok juga bisa mendukung usaha kita dalam melakukan perbaikan di wilayah ini," tutupnya. (JD10/ED02/EUD02)