Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Warga Panmas Lulusan Program Wirausaha Baru Diharapkan Bentuk Komunitas

JD 05 - berita depok
Selasa, 14 Maret 2023, 7:34 WIB
Foto: JD 05/Diskominfo Camat Pancoran Mas, Zikri Dwi Darmawan memberikan sambutan pada acara koordinasi dan sinkronisasi ke pelaku usaha mikro di Aula Kecamatan Pancoran Mas, beberapa waktu lalu.

berita.depok.go.id - Camat Pancoran Mas (Panmas), Zikri Dwi Darmawan berharap ratusan warga di wilayahnya yang menjadi alumni program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha di tahun 2022, membentuk komunitas. 

Pembentukkan komunitas itu tujuannya untuk memperkuat silaturahmi dan kolaborasi mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di Kecamatan Panmas.

"Alumni WUB didorong untuk terhimpun dalam suatu komunitas agar tetap membangun kebersamaan, sharing, event, dan banyak kegiatan lainnya. Utamanya agar sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Panmas meningkat," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (15/03/23).

Menurut Zikri, keberadaan komunitas bisa menjadi wadah mengembangkan ekosistem wirausaha. Dengan begitu, iklim wirausaha di Kecamatan Panmas dapat terjaga dan menular ke masyarakat.

"Kolaborasi ini misal ada wirausaha yang memiliki bahan baku makanan, lalu menyuplai ke anggota komunitas yang bergerak di bidang kuliner," jelasnya.

"Dengan begitu, semua anggota bisa mengembangkan usahanya secara bersama-sama, intinya kuatkan kolaborasi," ucap Zikri.

Sementara itu, Pendamping WUB 2022 Kelurahan Depok, Kecamatan Panmas, Isra Wahyuni menuturkan, ada 42 peserta WUB yang telah lulus program WUB tahun 2022. Mereka terdiri dari berbagai jenis usaha.

"Seharusnya 28 peserta per kelurahan, tapi Kecamatan Panmas dapat lebih banyak kuotanya. Mudah-mudahan tahun ini juga sama, banyak WUB yang lahir dari Panmas," pungkas Isra. (JD 05/ED 02/EUD03)