Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Warga Depok Bersiap, Vaksinasi Booster Kedua Sudah Bisa Untuk Umum

JD 02 - berita depok
Selasa, 24 Januari 2023, 15:01 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati . (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id- Vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi masyarakat umum di Kota Depok sudah mulai diberikan hari ini, Selasa (24/02/23). Pemberian vaksinasi tersebut berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi kelompok Masyarakat Umum.

"Mulai tanggal 24 Januari 2023, pemberian vaksin booster kedua bagi masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun sudah kami berikan sesuai arahan dari pusat," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati kepada berita.depok.go.id, Selasa (24/01/23).

Mary menyebutkan, terdapat beberapa jenis vaksin yang digunakan untuk booster kedua. Yaitu Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer, Moderna, Janssen, Sinopharm, dan Covovax.

Lebih lanjut, Mary menambahkan, pemberian vaksin booster kedua untuk masyarakat umum dilaksanakan secara serentak, mulai hari ini melalui seluruh Puskesmas atau di pos pelayanan vaksinasi Covid-19. Sambungnya, informasi jadwal vaksinasi Covid-19 dapat diakses melalui aplikasi Depok Single Window (DSW) atau website daftarvaksin.depok.go.id

"Terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan masyarakat yang akan menerima dosis booster kedua. Yaitu, vaksinasi dosis ini diberikan dengan interval atau selang waktu enam bulan sejak vaksinasi dosis ketiga," terangnya.

Mary berpesan kepada seluruh masyarakat umum di Kota Depok untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 hingga booster kedua. Mengingat, usia di atas 18 tahun sudah bisa menerima dosis tersebut.

"Yuk, lengkapi vaksinasi Covid-19 dosis keempat, sehingga kita dapat terlindungi dari paparan virus Covid-19," pungkasnya. (JD 02/ED 01)