Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Wali Kota Resmikan Laboratorium Kesehatan Lingkungan di Labkesda Depok

JD 02 - berita depok
Selasa, 21 Mei 2024, 17:24 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat berada di Laboratorium Kesehatan Lingkungan di UPTD Labkesda Kota Depok didampingi Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati. (Foto: JD 01/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Pelayanan Laboratorium Kesehatan Lingkungan (Labkesling) di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Depok, hari ini diresmikan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Layanan Labkesling tersebut berlokasi di Labkesda Depok, Jalan Raya Bogor Km. 33 Nomor 13 Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis.

Labkesling sendiri dibuka sebagai sarana pengujian air untuk keperluan higiene sanitasi atau air bersih, pengujian air minum, dan pengujian makanan serta minuman. 

Dikatakan Wali Kota Depok, Mohammad Idris, penggunaan air bersih harus mendapatkan perhatian lebih, karena berdampak terhadap kesehatan masyarakat.

"Tantangan ke depan yang dijawab Labkesda, kita perluas pelayanan dengan ruang seadanya, dengan harapan masyarakat tidak merujuk ketempat lain ketika ingin memeriksakan kelayakan untuk air minum maupun makanan," katanya, usai meresmikan layanan Labkesling di Kantor Labkesda Kota Depok, Selasa (21/05/24).

Lebih lanjut, Kiai Idris, sapaan Wali Kota Depok menuturkan, dengan adanya Labkesling diharapkan para pelaku usaha mulai dari depot air minum, restoran, centra pengolahan makanan, dan jajanan kantin di Depok, dapat memanfaatkan layanan ini.

Tentu salah satunya untuk mengetahui kualitas air yang digunakan sudah baik dan layak untuk dikonsumsi. 

"Harapannya dengan layanan yang lebih dekat ini dapat dimanfaatkan para pelaku usaha," tambahnya.

Menurut Kiai Idris, ke depannya akan dilakukan upaya jemput bola agar pemeriksaan sanitasi air dan air minum di Labkesling dapat semakin meluas. 

Pasalnya, penggunaan air bersih ini juga salah satu syarat peraihan Swastisaba Wistara. 

"Untuk swastisaba, memang ini sebuah persyaratan, fasilitas, suatu hari kita cari tempat yang lebih luas untuk Labkesda," tutup Kiai Idris. (JD 02/ED 02)