Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Wali Kota Depok Resmikan Masjid Al-Mukhlashiin di Sawangan

JD 12 - berita depok
Minggu, 11 Desember 2022, 14:00 WIB
News
Wali Kota Depok, Mohammad Idris meresmikan Masjid Al-Mukhlashiin yang ada di Jalan Raya Abdul Wahab, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Minggu (11/12/22). (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id- Wali Kota Depok, Mohammad Idris meresmikan Masjid Al-Mukhlashiin yang baru selesai dibangun di Jalan Raya Abdul Wahab, Kelurahan Sawangan Kecamatan Sawangan. Pada kesempatan tersebut, dirinya mengatakan, menurut Allah SWT, masjid bukan tempat berkumpul orang-orang yang berkonflik, tetapi tempat kumpulan pengurus-pengurus yang selalu ingin mengedepankan kebersihan.

"Kebersihan hatinya, pikirannya, kegiatannya, fisik masjidnya," ujarnya, kepada berita.depok.go.id di sela-sela kegiatan tersebut, Minggu (11/12/22).

Dikatakannya, dengan masjid yang bersih, maka para pengurus di dalamnya juga akan harmonis. Untuk itu, imbuhnya, pentingnya mengadakan kegiatan yang membangun sinergisitas atau kebersamaan di masjid.

"Harapan saya nanti masjid dibersihkan, insyaAllah para pengurusnya harmonis, karena tidak ada orang Cilodong jadi pengurus di sini, di sini lokal orang Sawangan, biar tidak konflik, apalagi di masjid," ungkapnya. 

Selain itu, dirinya juga menyampaikan nilai-nilai keteladanan Rasulullah dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, suri teladan itu tercantum di dalam Al-Quran, Surat Al-Ahzab ayat 21.

"Ada yang menarik kata Imam Qurtubi, uswatun hasanah (teladan baik yang dimiliki Rasulullah) dalam ayat ini. Kata beliau bahwa keteladanan yang baik dari Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Khandaq (perang Khandaq)," tuturnya. 

Dia menjelaskan, berlangsung pada 5 hijriah, perang ini diberi nama Khandaq. Sebab, strateginya menggunakan parit agar musuh-musuh tidak bisa masuk ke Kota Madinah.

"Kenapa? karena seluruh bangsa Arab saat itu bersekutu bersama-sama ingin menyerang Kota Madinah, makanya dibangun parit, yang kira-kira kuda tidak bisa melompat ke parit tersebut," jelasnya. 

Lebih lanjut, imbuhnya, perang Khandaq juga disebut perang Ahzab. Oleh sebab itu, keteladanan Nabi Muhammad dicantumkan Allah SWT dalam Surat Al-Ahzab.

"Apa yang saya ingin tekankan di sini bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan keteladanan kepada Baginda Rasulullah adalah ikrar dalam usaha bela negara," tuturnya.

"Rasulullah membela negara pada waktu itu disimbolkan dengan negeri Madinah, keteladanan kita kepada Rasulullah bagaimana kita memiliki jiwa bela negara," tandasnya. (JD 12/ED 01/EUD02)