Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Wagub Jabar Tekankan Permudah Pelayanan Masyarakat dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi

JD 05 - berita depok
Jumat, 9 Desember 2022, 10:45 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum memberikan sambutan pada acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2022 tingkat Provinsi Jawa Barat, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (8/12/2022). (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), UU Ruzhanul Ulum mengatakan, di era perkembangan teknologi saat ini hendaknya dimanfaatkan oleh lembaga pemerintahan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk mempermudah pelayanan masyarakat. Tentunya melalui keterbukaan informasi.

Menurut UU Ruzhanul Ulum, dengan memanfaatkan teknologi kinerja lembaga pemerintahan akan terlihat oleh khalayak luas. Salah satunya dari informasi publik yang diberikan kepada masyarakat.

"Justru dengan keterbukaan sebuah lembaga akan kelihatan kinerja dan manfaatnya untuk masyarakat, seperti anggaran, penyerapan dan yang lainnya," ujarnya dalam sambutan saat Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik Tingkat Jabar tahun 2022, Komisi Informasi Provinsi Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (08/12/22).

Wagub UU Ruzhanul menyebut, transparansi dalam keterbukaan informasi akan melancarkan setiap kegiatan pemerintahan. Oleh karena itu, dirinya mendorong pemanfaatan digitalisasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Loncatan teknologi digital sangat terasa manfaatnya, Pemerintah Provinsi Jabar mendorong untuk mempermudah layanan digital kepada masyarakat," paparnya.

Namun, lanjut UU Ruzhanul, tidak menutup kemungkinan ada dampak negatif dalam perkembangan teknologi, seperti berita hoax. Dikatakannya, Pemerintah Provinsi Jabar akan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait teknologi digital khususnya dalam penyebaran berita hoax.

"Mari kita sebijak mungkin memanfaatkan teknologi, Pemprov Jabar akan terus memberikan pemahaman, pencerahan kepada masyarakat terkait teknologi digital ini," tandasnya. (JD 05/ED02/EUD02)