berita.depok.go.id-Wali Kota Depok Mohammad Idris mengupayakan kelanjutan program Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua (IUWASH PLUS). Wali Kota berharap program yang dilaksanakan oleh United States Agency for International Development (USAID) tersebut diperpanjang hingga tahun 2030. 

"Saya tegaskan kita harus lanjutkan hingga tahun 2030, 2021 kita masih bersama IUWASH PLUS dan tahun 2022 katanya terakhir. Tapi harapan kita mudah-mudahan bisa diperbarui," kata Mohammad Idris saat Video Conference (Vidcon) Pemangku Kebijakan Ngobrolin Air, Sanitasi dan Hygiene bersama Wali Kota Depok (Ngobrash Sawali) secara virtual di Depok Operation Room (DeCOR), Rabu (10/02/21).

Dia mengatakan, program IUWASH PLUS ini perlu dilanjutkan agar masyarakat yang belum terlayani sanitasi air bersih dan perilaku higiene dapat terfasilitasi. Selain itu, sambungnya, agar permasalahan air dan sanitasi tidak membahayakan kehidupan manusia dan lingkungan.

"Pencemaran terhadap air bersih, pencemaran terhadap air minum, ini dampak-dampak kalau kita tidak peduli terhadap sanitasi dan persoalan-persoalan air," tuturnya.

Lanjut Mohammad Idris, selama kurun waktu 2017-2020, terdapat empat kelurahan yang mendapat program IUWASH PLUS ini. Di antaranya Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kemiri Muka, Depok dan Abadi Jaya dengan total 46 RT dan 16 RW.

"Dari data masih ada 1.012 Kepala Keluarga (KK) yang Buang Air Besar (BAB)-nya bisa kita katakan sembarangan, dan 123 KK yang belum memiliki akses sanitasi belum layak. Untuk itu, perlu program ini kita lanjutkan," terangnya. .(EVD 01/EUD02)

YOUR REACTION?