Kepala Bidang Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Pengarusutamaan Gender DP3AP2KB Depok, Dina Ratna Kartika saat menyampaikan laporan kegiatan Sekoper Cinta di lokasi P2WKSS, Kelurahan Cinangka, Rabu (13/07/22).  (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) meluncurkan Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) di lokasi fokus (lokus) Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), Kelurahan Cinangka. Program tersebut akan diikuti oleh 100 warga.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Pengarusutamaan Gender DP3AP2KB Depok, Dina Ratna Kartika mengatakan,  program Sekoper Cinta bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan, keterampilan perempuan di dalam keluarga sehingga dapat mengubah sikap dan perilaku yang bisa memberikan dampak pada kesehatan, ekonomi dan peningkatan kemampuan diri.

"Selain itu, juga menjadi kelompok yang mandiri dalam mengatasi masalah keluarga dalam meningkatkan ketahanan keluarga. Serta mewujudkan perempuan yang berdaya, mampu menjalankan fungsi serta meningkatkan pemahaman tentang peranan di dalam keluarga dan pembangunan," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (13/07/22).

Dia menjelaskan, para peserta akan diberikan pembinaan oleh 11 fasilitator yang sudah dilatih oleh Provinsi Jawa Barat. Fasilitator merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan di Kota Depok.

Lebih lanjut,  ujar Dina, pelaksanaan Sekoper Cinta berlangsung selama tiga bulan, mulai Juli hingga September 2022. Pembelajarannya dilakukan satu minggu sekali, dari pukul 09.00 hingga selesai di Masjid Al Muhajidin, Kelurahan Cinangka.

"Materi yang diberikan tentang keluarga meliputi citra diri perempuan, bagaimana membangun keluarga bahagia, pengeloaan keuangan pribadi dan keluarga. Lalu, pengeloaan sandang dan pangan keluarga, hingga kesehatan keluarga dalam lingkungan hidup serta kesiapan keluarga dalam menghadapi bencana," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Kecamatan Sawangan, Nyai Nurasiah mengaku siap mendorong peserta agar terus bersemangat mengikuti beragam kegiatan yang ada di program Sekoper Cinta. Menurutnya, dari semangat yang ada, segala kegiatan bisa dijalankan.

"Insya Allah  mudah-mudahan kita bisa menjadi yang terbaik," tutupnya. (JD 10/EVD 01/EUD02)

YOUR REACTION?