Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati saat berkunjung ke Kantor DP3AP2KB Kota Depok, lantai 9, Gedung Dibaleka 2, Selasa (01/03/2022). (Foto: JD 01/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menangani kasus tindak asusila terhadap seorang anak berusia 11 tahun di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya. Hal ini disampaikannya saat mengunjungi Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Selasa (01/03/22).

"Kami apresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Wali beserta jajaran DP3AP2KB, telah memberikan perhatian yang luar biasa kepada korban dan keluarga melalui pendampingan dari UPTD Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA)," ungkap Menteri Bintang.

Menteri Bintang menyebut, kehadirannya di Kota Depok untuk memastikan korban dan keluarganya mendapatkan penanganan yang maksimal. Dirinya juga tidak menyangka ternyata Pemkot Depok telah membuat kebijakan cepat yakni memberikan pendampingan baik secara hukum dan psikologis.

Bahkan, imbuhnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris juga telah memerintahkan dinas terkait untuk mengedukasi kepada masyarakat sekitar rumah korban, agar tidak memberikan stigma negatif terhadap korban dan keluarga. Termasuk, memastikan korban yang masih anak-anak ini tetap dapat mengenyam pendidikan seperti anak lainnya.

"Peran pemerintah daerah sangat penting, terutama di hulunya dalam pencegahan juga memberikan pendampingan yang terbaik kepada korban. Terima kasih atas upaya yang telah diambil dan dilakukan Pak Wali Kota," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari menuturkan, pihaknya mendapat laporan terkait kasus ini pada Minggu (27/02). Kemudian Tim Respon Cepat UPTD PPA segera menindaklanjuti laporan tersebut.

Nessi menyebut, UPTD PPA menyiapkan bantuan hukum untuk korban selama menjalin masa pemeriksaan oleh Polres Metro Depok sampai kasus ini diputuskan di pengadilan. 

"Kami akan selalu siap mendampingi korban sampai kasus ini tuntas dan korban pulih," tandasnya. (JD 01/EVD 01/EUD02)

YOUR REACTION?