Berita.depok.go.id - Masyarakat perlu berpartisipasi untuk mengetahui, mendorong, mencegah, mendeteksi, dan mengobati penyakit kanker. Dalam kegiatan Sinergitas Pengurus dan Pembina Yayasan Kanker Indonesia Kota Depok bersama Kader Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna atau PKTP se-Kota Depok. 


Ketua TP PKK Kota Depok, yang juga Ketua YKI Kota Depok, Bunda Elly Farida mengatakan secara umum risiko kanker berkembang karena banyak faktor, kanker pada umumnya datang secara diam-diam dapat melalui paparan zat kimia, sinar matahari yang berlebihan, paparan radikal bebas, stres yang tinggi, gangguan hormonal, usia menua, kelebihan berat badan, sering mengalami radang dan infeksi. Kanker juga dapat terjadi karena memiliki riwayat penyakit tertentu dan kelainan genetik yang dapat mengganggu sistem kerja tubuh.


Dirinya mengimbau, agar YKI Kota Depok serta PKTP seluruh kecamatan terus memasifkan sosialisasi agar masyarakat rajin melakukan cek kesehatan secara berkala. Selain itu, tambahnya, Melakukan pemeriksaan medis setidaknya 3 bulan sekali walau tidak sakit adalah tindakan preventif agar jika ada gejala dapat ditangani sejak dini. Memberikan vaksin pada anggota keluarga juga sangat baik, dan itu termasuk langkah preventif untuk meminimalkan serangan kanker, terlebih buat yang rentan secara genetik.


Terakhir dirinya menekankan masyarakat harus menjauhi faktor risiko penyebab kanker. Pola hidup sehat perlu diterapkan agar sel dan organ dalam tubuh tetap berfungsi dengan baik. Diantaranya faktor risiko yang harus dihindari adalah, kegemukan, minum minuman alkohol, stres berat, makanan junk food, merokok. (VD 02/ EVD 01/EUD 02)

YOUR REACTION?