Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Wali Kota Depok Bantuan Mempunyai Nilai Strategis Pembangunan dan Pemberdayaan

EVD 01 - berita depok
Rabu, 12 Oktober 2022, 10:35 WIB
Videos

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyerahkan bantuan alat usaha ekonomi tata boga secara simbolis kepada kelompok Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) yang ada di tingkat kelurahan. Menurutnya, bantuan ini mempunyai nilai yang sangat strategis dalam pembangunan dan pemberdayaan serta pelayanan di Kota Depok bagi keluarga masyarakat.

"Karena secara tidak langsung acara ini juga ikut serta menyeimbangkan inflasi, meningkatkan daya beli. Kalau warga tidak mempunyai uang, tidak bisa masak pastinya daya beli masyarakat berkurang, itulah yang seringkali meningkatkan inflasi," kata Mohammad Idris saat kegiatan penyerahan bantuan alat usaha ekonomi tata boga di Aula Teratai Lantai 1 Balai Kota Depok, Senin (10/10/22).

Selain menyeimbangkan inflasi, lanjut Mohammad Idris, bantuan PEKKA juga turut membantu meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Depok. Per tahun 2022 LPE Kota Depok mulai merangkak naik dari 3 persen ke arah 5 persen.

"Alhamdulillah per tahun ini sudah merangkak 3 arah 5 yang sebelum Covid-19 itu 7 dan turun sampai minus. Per 2021 meningkat plus, tahun ini target kita 5, kini baru merangkak ke 5, tahun 2024 InsyaAllah sudah 7," ujarnya.

Mohammad Idris mengungkapkan, Kota Depok memiliki jumlah single parents atau orang tua tunggal sebanyak 134.578 perempuan yang menjadi kepala keluarga. Mereka didorong untuk mengikuti program 1.000 perempuan pengusaha yang merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

"Saya minta tahun depan naikkan lagi jadi perempuan pengusaha dari jumlah 134.578 PEKKA tersebut, termasuk bantuan ini jangan dianggap remeh, cuma kompor doang, kita akan dilihat (upayanya) oleh Tuhan," ungkapnya.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok yang berupaya mengadakan acara ini, yaitu penyerahan bantuan alat usaha ekonomi tata boga untuk kelompok PEKKA di Kota Depok," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida menuturkan, terdapat delapan jenis alat usaha ekonomi tata boga dalam paket bantuan yang diberikan. Yaitu blender, mixer, oven, panci, dandang susun, wajan, loyang kue, dan satu set kompor gas.

"Kami harap nantinya dengan alat-alat yang telah diberikan, mereka bisa berusaha dan berupaya meningkatkan perekonomian mereka, dan saya juga menantang mereka untuk bisa membuat bazzar sebagai sosialisasi PEKKE kepada masyarakat," tandasnya. (VD01/EVD01/EUD02)