Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Tim Rechecking Provinsi Jabar Nilai Langsung Implementasi Gelari Pelangi di Mampang

EVD 01 - berita depok
Sabtu, 29 Juli 2023, 10:51 WIB
Videos

berita.depok.go.id - Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida menerima tim rechecking pilot project ruang lingkup Gelari Pelangi tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar), di Balai Kota, Rabu (26/07/23).

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) 2 TP-PKK Provinsi Jabar, Laksmi Purwanti Margarani memimpin tim penilaian yang dilakukan di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) 2 TP-PKK Provinsi Jabar, Laksmi Purwanti Margarani mengatakan, dirinya bersama tim melakukan penilaian lapangan ke lokasi khusus (lokus) Gelari Pelangi, yaitu di Kelurahan Mampang.

Gelari Pelangi merupakan gerakan keluarga Indonesia yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi. Di lokus ini beragam kegiatan berjalan.

"Ada sembilan kabupaten/kota yang kami rechecking (nilai), Kota Depok daerah keenam yang kami datangi," ujar Laksmi kepada berita.depok.go.id, di sela-sela kegiatan penilaian.

Dikatakannya, ada lima komponen ruang lingkup program Gelari Pelangi yang dinilai. Antara lain, gerakan gemar membaca, rumah pendidikan dan keterampilan, kampung mandiri, pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, pembentukan dan pengembangan koperasi.

"Semua ini dinilai dari dokumen, fisik, kegiatan, dan program nya masing-masing komponen ada pilot projectnya," papar Laksmi.

Kota Depok pada program Gelari Pelangi masuk dalam sembilan besar daerah dari 27 kabupaten/kota di Jabar. Setelah rechecking ini, akan ditetapkan satu terbaik untuk diajukan ke tingkat nasional.

"Kami melihat Depok itu guyub warganya, kader PKK-nya luar biasa semangatnya," ujarnya. (VD01/EVD01/PB01)